Anda bisa mencari berdasar kategori
atau judul berita
Masukan kata kunci

Paku Buwono XII Diculik dan Patihnya Dibunuh di Era Solo Wild West

Paku Buwono XII Diculik dan Patihnya Dibunuh di Era Solo Wild West
user
Jumat, 6 Mei 2022 - 16:29 WIB
share
SOLOPOS.COM - Susuhunan Pakubuwana XII menerima kunjungan Presiden Soekarno dan para pejabat pemerintah Republik Indonesia di Sasana Handrawina, Keraton Surakarta, tahun 1946. Tampak duduk di sebelah susuhunan, adalah Adipati Mangkunegara VIII dan R.P. Soeroso. (Wikimedia)

Solopos.com, SOLO — Pascakemerdekaan Indonesia 1945, Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, S.I.S.K.S. Paku Buwono (PB) XII mengalami era Solo Wild West yang membuatnya diculik dan patihnya dibunuh dalam gerakan antiswapraja. Solo Wild West adalah gerakan dari golongan oposisi kiri yang menjadikan Solo sebagai daerah liar untuk mengalihkan perhatian  guna merebut kekuasaan.

Mencuplik Ben Anderson, Revoeloesi Pemoeda: Pendudukan Jepang dan Perlawanan di Jawa, 1988, Tan Malaka bersama badan-badan perjuangannya tergabung dalam sebuah organisasi bernama “Persatuan Perjuangan”. Organisasi yang terbentuk di Purwokerto pada 4 Januari 1946 itu menetapkan Solo sebagai pusat kegiatan dengan minimum program sebagai tujuan organisasi.

Solopos Stories
Rekomendasi
Berita Lainnya

Koran Solopos


Berita Populer

Dapatkan akses tak terbatas
Part of Solopos.com
ISSN BRIN