Tutup Iklan

Paket Obat Covid-19 Gratis Didistribusikan ke Pasien Isoman di Bantul

Penyaluran paket obat Covid-19 gratis ke pasien yang isoman di rumah di Bantul dilakukan oleh para tentara Bintara Pembinaan Desa (Babinsa).

 Hindari minum sembarang obat-obatan untuk terapi Covid-19. (Ilustrasi/Freepik)

SOLOPOS.COM - Hindari minum sembarang obat-obatan untuk terapi Covid-19. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, BANTUL – Sejumlah pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Bantul dipastikan mulai mendapatkan paket obat Covid-19 gratis berupa vitamin dan obat-obatan untuk warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Adapun penyaluran paket obat Covid-19 ke pasien yang isoman dilakukan oleh para tentara Bintara Pembinaan Desa (Babinsa).

Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bantul Sri Wahyu Joko Santosa mengatakan penyaluran paket obat Covid-19 gratis sudah mulai beberapa hari lalu. Selain melibatkan puskesmas dalam hal pendataan, pembagian obat juga langsung dilakukan oleh Babinsa.

“Sudah. Obat untuk pasien isoman dari program TNI sudah berjalan beberapa waktu lalu. Yang membagikan anggota TNI dengan data dari puskesmas,” kata pria yang akrab dipanggil Oki ini, Jumat (23/7/2021).

Baca juga: Sip! 3.500 Pedagang Pasar Tradisional Tervaksinasi

Mengenai berapa banyak paket yang dibagikan, Oki enggan merinci jumlahnya. Ia hanya membenarkan jika ada obat Covid-19 paket 2 dan paket 3 sudah mulai disalurkan di Bantul. Obat paket 2 yaitu vitamin dan obat untuk isoman dengan keluhan demam dan kehilangan penciuman. Sedangkan paket 3 berisi vitamin dan obat untuk isoman yang panas dan batuk kering.

Sementara terkait dengan pembagian obat Covid-19 gratis dari Pemda DIY, Oki mengaku sampai saat ini belum mengetahui. Kendati demikian, penyaluran melalui para Babinsa ini bisa diaplikasikan untuk pembagian obat Covid-19 dari Pemda DIY. “Yang jelas puskesmas mempunyai sistem masing-masing dalam membagi obat,” jelasnya.

Baca juga: Revitalisasi Pedestrian Jl. Jenderal Sudirman Kota Jogja Segera Dimulai

Obat Covid-19 Di Bantul

Terpisah Kepala Puskesmas Pleret Erni Rochmawati mengatakan ada 500 pasien Covid-19 di wilayahnya yang menjalani isoman. Sejumlah langkah juga telah dilakukan untuk penanganan pasien Covid-19 yang menjalani isoman. Salah satunya adalah mendiagnosa kondisi pasien Covid-19 yang menjalani isoman di Bantul sebelum nantinya mendapatkan obat Covid-19 gratis.

“Ini sudah kami lakukan. Termasuk distribusi obat. Kebetulan kami juga mendapatkan tambahan obat dari TNI. Ada total 18 paket yang terdiri dari 9 paket yang dibungkus warna hijau dan 19 paket dibungkus dengan warna orange. Untuk warga yang isoman dan tidak mendapatkan paket, tetap kami usahakan untuk mendapatkan obat,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi telah meminta TNI untuk mendistribusikan paket obat gratis kepada pasien Covid-19 yang sedang menjalani isoman. Ada tiga paket obat Covid-19 yang disalurkan dan pasokan diatur oleh Kementrian BUMN termasuk di Kabupaten Bantul.

 

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Selamat, ITNY Juara 3 Celebes Geo Summit 2021

Mahasiswa Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) meraih kembali juara 3 dalam National Paper Competition Celebes Geo Summit (CGS) 2021.

Mahasiswa Teknik Mesin ITNY Magang di CV Iman Nurcahaya

Empat mahasiswa Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Industri (FTI) Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) mengikuti Program magang di CV Iman Nurcahaya.

Masuk Yogyakarta, Bus Pariwisata Bakal Diperiksa Ketat

Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta bakal memperketat pengawasan terhadap bus pariwisata yang masuk ke daerahnya.

Sejumlah Kampus di Jogja Belum Gelar Kuliah Tatap Muka, Ini Alasannya

Sejumlah perguruan tinggi di Kota Jogja masih belum merencanakan kuliah tatap muka di kampus pada masa pandemi Covid-19.

Petani Tembakau di Sleman Tolak Kenaikan Cukai Rokok

Asosiasi petani tembakau di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menolak rencana pemerintah yang akan menerapkan kenaikan cukai hasil tembakau atau cukai rokok pada 2022.

Terungkap! Pabrik Pil Koplo di Yogya Sudah Beroperasi Sejak 2018

Aparat polisi menggerebek dua pabrik pembuatan obat-obatan psikotropika atau pil koplo yang telah beroperasi sejak 2018 di wilayah Yogyakarta.

2 Pabrik Pil Koplo di Yogya Digerebek, Produksi 2 Juta Pil Per Hari

Aparat kepolisian mengungkap kasus peredaran pil koplo di Yogyakarta, di mana terdapat dua pabrik yang memproduksi dengan kapasitas 2 juta pil per hari.

Pengacara Terdakwa Satai Beracun Minta Nani Dibebaskan

Pengacara terdakwa sate beracun, Nani Apriliani Nurjaman, menyebut pasal yang didakwakan JPU dinilai kabur dan tidak sesuai.

Litto Kantongi Surat Kesesuaian Tata Ruang, Begini Sikap DPRD Bantul

DPRD Bantul akan meminta kejelasan dan duduk perkara, terkait berdirinya hotel dan restoran Little Tokyo di RT 5 Gunung Cilik, Muntuk, Dlingo, Bantul, yang diduga belum mengantongi izin.

Jangan Sampai Terlambat Jadi Peserta BPJS Kesehatan, Ini Alasannya

BPJS Kesehatan ini bisa digunakan untuk berobat, baik rawat jalan maupun rawat inap di fasilitas kesehatan oleh peserta.

JPU Tuntut Terdakwa Klitih Kotagede Jogja, Penjara 1 Tahun 7 Bulan 

JPU menilai terdakwa KAP dinyatakan bersalah melakukan klitih hingga mengakibatkan korban KS, 16, mengalami luka berat.

Awas! Batu Raksasa Jebol Rumah Warga di Prambanan Sleman

Peristiwa batu raksasa yang menimpa rumah warga tersebut terjadi setelah hujan deras yang mengguyur Dusun Jali.

Pemkot Jogja Luncurkan Kampung Wisata Melayani Melalui Aplikasi

Pemkot Jogja terus berinovasi untuk memberikan kemudahan bagi wisawatan untuk berkunjung ke Kota Gudeg tersebut.

Terbebani Biaya Operasional, Gembira Loka Zoo Hanya Buka Akhir Pekan

Gembira Loka Zoo mulai pekan depan hanya buka pada Sabtu dan Minggu.

Dispar Sleman: Hoax 35 Objek Wisata di DIY Sudah Buka

Beredar kabar di media sosial terkait 35 destinasi wisata di wilayah DIY dan sekitarnya yang sudah beroperasi, Dinas Pariwisata Sleman menyebut itu kabar bohong atau hoax.

Gegara Dendam Pribadi, Pegawai Angkringan Pendopo Lawas Ditusuk

Seorang pegawai angkringan di Jogja jadi korban penusukan oleh warga yang diduga menaruh dendam. Pelaku kini sudah ditangkap.