SOLOPOS.COM - Ilustrasi wujud virus corona. (Reuters)

Solopos.com, SEMARANG - Pakar virus Undip, Evi, menyebut virus corona Covid-19 bisa melakukan seribu mutasi. Seperti karakteristik virus lainnya, virus ini juga bisa berubah sikap kalau dibiarkan berkembang di masyarakat.

"Covid-19 ini menyerang saluran pernapasan atas. Kalau saluran pernapasan atas yang diserang, maka virus ini bisa keluar dengan hanya bersin, batuk atau bahkan hanya dengan bicara," kata pakar virus Undip, Evi, dilansir Okezone, Kamis (19/3/2020).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Liburkan Pemain, Kebijakan Persis Solo Disorot

"Beda dengan SARS. Kalau SARS harus dengan batuk. Jadi Covid-19 ini lebih mudah menular. Tapi kebanyakan orang tidak sadar telah menularkan," tuturnya.

Untuk menangkal virus corona, masyarakat perlu memperkuat daya tahan tubuh (imun) dan menerapkan pola hidup sehat. Selanjutnya, dengan membunuh virus tersebut yang menempel di luar tubuh. Untuk itu, dia merekomendasikan masyarakat menjaga kebersihan dan rajin berolahraga.

Lonjakan Jumlah Kasus Positif Virus Corona 19 Maret, Jateng Nomor 3

"Cara membunuh virus itu setidaknya dengan dua cara itu. Untuk yang poin kedua, artinya kita bunuh sebelum masuk atau bahkan menempel di tubuh kita. Caranya? Sering cuci tangan dan mengelap benda-benda yang dicurigai telah terjadi kontak dengan korban positif menggunakan alkohol atau air sabun," kata pakar virus Undip ini saat bicara soal corona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya