SOLOPOS.COM - Tangkapan layar webinar UKSW.

Solopos.com, SALATIGA — Program Studi Humas Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menggelar webinar Fun Talks About Inter-Cultural Communication in Public Relations Activities, Jumat (22/10). Prof. Deddy Mulyana, M.A., Ph.D., sebagai seorang pakar komunikasi diundang untuk menjadi narasumber dalam webinar tersebut.

Webinar diselenggarakan melalui zoom meeting dan juga disiarkan langsung melalui kanal Youtube laboran FTI UKSW. Sebagai pemateri, Deddy Mulyana yang juga Guru Besar Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran memaparkan materi seputar teknologi, budaya, dan humas. Deddy Mulyana menyampaikan bahwa era digital memengaruhi banyak bidang, tidak terkecuali dalam dunia public relation (PR).

“Public Relation beberapa puluh tahun lalu dalam praktiknya sangat berbeda dengan sekarang, hal ini terlihat jelas karena pengaruh dari teknologi informasi. Bahkan sekarang ini peran PR sangat penting, dapat meliputi public relation, marketing, publicity, propaganda, jurnalistik dan lain sebagainya,” jelas Deddy.

Baca juga: Hadapi Era Industri 4.0, UKSW Gandeng PT SCI Gelar Webinar

Deddy menambahkan seiring dengan penggunaan teknologi informasi dan dampak positifnya, banyak juga efek samping berupa dampak negatif yang terjadi dari penggunaannya.

Melalui teknologi informasi orang-orang dapat dihubungkan namun melalui teknologi informasi pula orang-orang dipisahkan dari kelompoknya. Tidak hanya itu, dominasi teknologi atas budaya juga akan membuat budaya itu semakin kompleks.

webinar uksw
Pakar komunikasi Prof. Deddy Mulyana, sebagai narasumber dalam webinar UKSW. (istimewa)

Pada akhir materi Deddy memberikan tips pentingnya hubungan antara PR dan komunikasi antarbudaya supaya mahasiswa tidak meninggalkan dasar-dasar komunikasi.

“Setiap proses PR, selalu berlangsung dalam proses budaya yang melibatkan interaksi nilai-nilai budaya masyarakat, jadi studi PR tidak sempurna tanpa menyertakan komunikasi antarbudaya,” katanya.

Baca juga: Srumbung Gunung Buat Master Plan Menuju Desa Wisata Kreatif Perdamaian

Webinar yang berlangsung kurang lebih selama dua jam ini dibuka langsung oleh Dekan FTI UKSW Dr. Wiwin Sulistyo, S.T., M.Kom. Dalam sambutannya, Wiwin Sulistyo juga menyinggung pengaruh teknologi terhadap budaya dan komunikasi.

“Penggunaan teknologi sangat mempengaruhi kebiasaan dan perilaku manusia masa kini. Melalui kegiatan ini kita dapat belajar bagaimana memanfaatkan teknologi untuk berkomunikasi dalam keberagaman budaya dan perubahan perilaku manusia,” katanya.

Sementara itu, Ketua Program Studi Humas Dr. Rini Darmastuti, S.Sos., M.Si yang juga menjadi moderator acara ini menekankan agar mahasiswa tetap menggunakan pendekatan komunikasi antarbudaya di era digital saat ini dalam praktik di dunia PR.

Baca juga: Lulusan UKSW Siap Beradaptasi dengan Realitas Dunia Baru

Dia menambahkan webinar ini merupakan kuliah tamu untuk mata kuliah Komunikasi Antar Budaya yang diselenggarakan agar mahasiswa Program Studi Humas dan peserta webinar lainnya mengetahui dan memahami peran komunikasi antarbudaya dalam pekerjaan sebagai PR.

Kegiatan ini dihadiri oleh 300 peserta pada ruang zoom dan ratusan peserta lainnya yang mengikuti secara live dari kanal Youtube. Peserta tidak hanya mahasiswa dan dosen di UKSW saja namun juga mahasiwa dari daerah lainnya seperti Aceh, Bengkulu, Riau, Manado, Banjarmasin dan Kupang.

Rekomendasi
Berita Lainnya