Pakai Serkel Mini, Begini Cara Petugas Damkar Solo Lepaskan Cincin Perempuan Pucangsawit
Warga Pucangsawit, Jebres, Solo, Ratna M, lega setelah cincin di jari tangannya berhasil dilepaskan petugas Damkar Solo, Sabtu (26/9/2020) siang. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Petugas pemadam kebakaran atau damkar Pos Gading, Pasar Kliwon, Solo, berhasil membantu perempuan asal Pucangsawit, Jebres, yang kesulitan melepas cincin pada jarinya, Sabtu (26/9/2020) lalu.

Namun, pekerjaan itu tidak lah mudah. Butuh ekstra hati-hati, karena kalau salah sedikit saja justru bisa melukai jari perempuan bernama Ratna M itu.

Petugas damkar menggunakan serkel mini dan lempeng besi tipis untuk memotong cincin yang sudah bertahun-tahun melekat pada jari Ratna. Lempeng besi itu untuk menutup jari Ratna ketika cincin dipotong menggunakan serkel.

Pekan Ini, Pegawai Pemkot Solo Wajib Pakai Baju Batik Selama Sepekan, Kenapa?

Selama proses pemotongan cincin itu, petugas damkar Solo harus sangat berhati-hati. Gesekan antara serkel dengan cincin bisa menimbulkan panas.

Petugas harus menghentikan sementara waktu pemotongan cincin itu bila Ratna mulai merasakan panas dari gesekan itu. Setelah berjuang beberapa menit, akhirnya cincin terpotong menggunakan serkel.

Langkah selanjutnya, petugas Damkar harus merenggangkan cincin agar longgar. Namun proses ini juga tidak mudah. Jari tangan Ratna bisa terjepit dan akan terasa sakit.

20 Pengunjung Tempat Hiburan Solo Terjaring Razia Karena Tak Pakai Masker

Akhirnya, petugas Damkar Solo berhasil melepaskan cincin dari jari tangan Ratna. Ratna pun bisa tertawa lega ketika cincin berhasil lepas.

Evakuasi Hewan

Salah satu petugas damkar Solo, Catur, mengatakan selama ini damkar Solo tidak hanya bertugas memadamkan kebakaran. Tak sedikit masyarakat yang meminta bantuan petugas damkar untuk hal-hal yang tak ada kaitannya dengan kebakaran.

“Ya selama kami bisa bantu pasti kami bantu,” ujar Catur, salah satu petugas Damkar Solo.

Demi Protokol Kesehatan, 2 Paslon Pilkada Sukoharjo 2020 Ubah Strategi Kampanye

Menurutnya, selain operasi pelepasan cincin, petugas Damkar Solo beberapa kali melakukan evakuasi hewan peliharaan yang masuk selokan atau gorong-gorong.

Petugas Damkar juga kerap melakukan evakuasi ular yang masuk ke halaman atau rumah warga. Setiap layanan evakuasi tersebut dilakukan tanpa memungut biaya. “Sudah menjadi tugas dan fungsi kami membantu masyarakat,” katanya.

Hanya Tambah 4 Kasus Baru Positif Covid-19, Satgas Solo: Tetap Waspada!

Seperti diinformasikan, Ratna mendatangi petugas damkar Solo di pos damkar Gading, Pasar Kliwon, karena kesulitan melepaskan cincin di jarinya, Sabtu (26/9/2020). Ratna sebelumnya sudha mendatangi rumah sakit untuk meminta tolong.

Namun petugas rumah sakit justru mengarahkannya untuk meminta bantuan petugas damkar. Ratna pun datang ke Pos Damkar Gading pukul 10.20 WIB.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom