SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, PURWOKERTO Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Minggu (10/2/2019), mengikuti kirab dari Tugu Alun-Alun Pendapa Lama di wilayah Banyumas menuju pendapa baru di Purwokerto, Jawa Tengah. Berbusana warna merah, ia menumpang mobil VW safari yang juga berwarna merah.

Kirab itu diklaim sebagai bagian dari rangkaian acara untuk menyambut hari lahir Kabupaten Banyumas yang diperingati setiap tanggal 22 Februari atau 12 hari lagi. Turut dalam rombongan kirab Puan Maharani itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Banyumas Achmad Husein, dan para pejabat pemerintah lainnya.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Dari mobil tanpa atap yang membawanya, Puan menyapa warga setempat yang menyaksikan kirab tersebut di pinggir jalan. “Halo ibu, halo bapak, halo adik-adik, apa kabar,” sambil melambai-lambaikan tangan.

Sebelum kirab, Puan mengikuti prosesi pemindahan Saka Guru Pendapa Si Panji dari pendapa lama Banyumas menuju wilayah Purwokerto untuk menandai perpindahan pusat pemerintahan dari wilayah Banyumas ke wilayah Purwokerto. Dia juga mengikuti prosesi Rengosan atau Boyongan Saka Guru Si Panji, mengambil air di sumur tua Banyumas Tirta Prewita Sari di belakang rumah pribadi Adipati Aryo Sudjiman Gandasubrata, yang kini difungsikan sebagai kantor Kecamatan Banyumas.

Pelaksanaan tradisi tersebut merupakan bagian dari peringatan hari lahir Kabupaten Banyumas, yang pada 2019 berusia 448 tahun.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya