SOLOPOS.COM - Nagita Slavina. (Instagram-@raffinagita1717)

Solopos.com, SOLO-Tak sedikit warganet menyatakan biaya metode enhanced recovery after cesarean surgery (ERACS) seperti yang dipilih Nagita Slavina  tentu mahal. Menurut mereka hanya orang sekelas sultan seperti Raffi Ahmad yang mampu membiayai kelahiran istrinya pakai metode ini.

Wajar warganet beranggapan biaya ERACS mahal lantaran setelah operasi caesar pasien bisa cepat pulih dan bahkan bisa langsung duduk seperti Nagita Slavina saat melahirkan putra keduanya pada Jumat (26/11/2021). Sebab operasi caesar pada umumnya, pasien butuh waktu untuk bisa pulih dan duduk kembali.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebelum mengintip berapa biaya metode ERACS seperti yang digunakan Nagita Slavina, sebaiknya kenali terlebih dulu prosedur tindakan ini. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Baca Juga: Selamat! Jagoan Baru Raffi Ahmad Telah Lahir

Metode ERACS adalah protokol operasi caesar yang bertujuan untuk mempercepat mobilitas, dan proses penyembuhan (recovery) pasien. Dengan protokol ini memungkinkan pasien untuk melakukan pergerakan lebih cepat, yaitu sekitar 2 jam pasca operasi caesar dengan nyeri yang minimal.

Melahirkan dengan metode ini melibatkan kolaborasi para dokter kandungan sebagai operator, dokter anestesi, dan dokter anak.  ERACS bertujuan untuk merevisi dan memperbaiki protokol operasi caesar yang lama.

Pada protokol ERACS ini tidak memerlukan puasa, hanya mengatur pola diet pasien.  Tujuannya agar pasien tetap bugar sebelum, selama, dan sesudah operasi. Pasien juga diharapkan tidak mual dan muntah.

Berikut ini sejumlah prosedur dalam metode ERACS yang diklaim warganet biayanya mahal itu seperti dikutip dari hellosehat.com pada Jumat (26/11/2021):

1. Pengurangan dosis anestesi

Dokter biasanya memberikan dosis anestesi ¼ dari dosis biasa. Jadi, bukan menambah dosis, tetapi justru mengurangi. Pengurangan dosis ini bertujuan agar proses penyembuhan pasien lebih cepat. Sebab dengan mengurangi dosis, otomatis fungsi kaki pasien bisa bergerak normal kembali lebih cepat.

Baca Juga: Baby R Lahir, Nama Anggota Keluarga Raffi Ahmad Trending di Twitter

Dosis anestesi ini artinya lama proses pembiusan saat operasi.  Umumnya, operasi caesar memakan waktu satu 1-1,5 jam dan itu masih termasuk dalam dosis anestesi. Dengan segera hilangnya efek anestesi pada ERACS ini, memungkinkan pasien dapat melakukan mobilisasi atau pergerakan lebih cepat.

Mobilisasi yang singkat juga mempercepat proses metabolisme tubuh dan penyembuhan menjadi lebih cepat.  Pergerakan atau penyembuhan yang cepat akan membuat kepercayaan diri pasien supaya tidak merasa sakit setelah operasi.

2. Penggunaan jarum yang lebih kecil

Penggunaan jarum atraumatic model pencan dengan ukuran kecil dan pengolesan emla sebelum dilakukan suntikan anestesi akan sangat mengurangi efek trauma pada bekas tusukan anestesi. Alhasil, tidak ada efek trauma punggung bekas suntikan pasca operasi caesar.  Hal ini tentu akan mengoptimalkan keamanan dan kepuasan bagi pasien itu sendiri.

Baca Juga: Begini Sifat Sagitarius Seperti Baby R Anak Kedua Raffi Ahmad

3. Teknik mengiris langsung ke dalam

Hal yang membedakan operasi caesar dahulu dengan persalinan ERACS adalah teknik mengiris yang lebih baik.  Sekarang teknik mengiris mulai dari irisan pertama langsung dalam sampai fascia (selaput otot) dengan pisau yang sangat tajam. Jadi, sekali mengiris langsung dalam.   Sama seperti orang mengiris daging yang langsung teriris sampai dalam satu garis. Semakin kecil pisau yang dokter pakai, trauma ke kulit juga semakin sedikit.

Kalau operasi caesar biasa mengirisnya satu satu sehingga menimbulkan rasa sakit dan irisannya jadi kurang bagus.  Hal ini yang berpengaruh pada proses penyembuhan menjadi lebih lama.

4. Teknik tummy tuck

Tummy tuck adalah teknik dalam operasi plastik untuk merapikan perut agar tidak bergelambir. Teknik ini kami gunakan pada pasien operasi caesar yang ingin bentuk perutnya ideal dan bekas luka tersamarkan.

Baca Juga: Tampang Baby R Mirip Raffi Ahmad atau Nagita Slavina?

Tehnik ini dinamakan enhanced recovery after cesarean tummy surgery (ERACTS). Untuk pasien yang sudah menjalani operasi caesar dan ingin melakukan persalinan ERACS, jahitan lama bisa diperbaiki dengan tummy tuck. Bila ada keloid, kami buang keloidnya, kemudian bikin satu garis yang lebih bawah lagi agar lebih rapi.

Semua pasien bisa menggunakan teknik ERACS saat persalinan. Bahkan di Zimbabwe, metode ini mereka gunakan untuk prosedur emergency, seperti preeklampsia.   Akan tetapi, pada kasus yang sangat jarang, kondisi ibu hamil dengan skoliosis dan kegemukan memang cukup sulit melahirkan dengan teknik ERACS.

Namun umumnya, dokter anestesi bisa mengatasinya dengan baik untuk proses pembiusan selama operasi. Melahirkan memakai teknik ERACS membuat ibu lebih nyaman dan cepat pulih sehingga bisa beraktivitas dengan baik. Umumnya, prosedur ini memerlukan dana sekitar Rp30 juta, tergantung dari fasilitas kesehatannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya