Tutup Iklan

Pakai Antibiotik Berlebihan Tak Mampu Obati Jerawat

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO Sejumlah orang memercayai pemakaian antibiotik jangka panjang mampu membasmi bakteri dan virus penyebab jerawat. Namun, hasil penelitian terbaru menunjukkan terlalu sering menggunakan antibiotik tak dapat menyembuhkan jerawat.

Dilansir dari Cleveland Clinic, Senin (19/8/2019), penggunaan antibiotik sebagai obat jerawat tidak dapat dilakukan selama dua bulan atau lebih secara berturut-turut. Dalam perannya, antibiotik hanya berfungsi untuk mengurangi pertumbuhan jerawat bukan menghilangkannya.

Penggunaan antibiotik untuk mengobati jerawat diterangkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemkes). Dalam Pedoman Umum Penggunaan Antibiotik Kemkes RI disebutkan, pemakaian antibiotik berlebihan meningkatkan resistansi bakteri dan virus terhadap antibiotik.

Intensitas penggunaan antibiotik yang relatif tinggi menimbulkan berbagai permasalahan dan merupakan ancaman global bagi kesehatan, terutama resistansi bakteri terhadap antibiotik,” demikian penjelasan Kemkes soal penggunaan antibiotik, seperti dikutip dari situs resminya.

Dihimpun dari Healthline, selain antibiotik, sebenarnya pengobatan jerawat dapat dilakukan dengan cara sederhana seperti, penggunaan masker teh hijau atau lidah budaya minimal dua kali sepekan. Jerawat juga dapat dicegah dengan gaya hidup sehat dengan mencuci muka dua kali sehari, mengurangi konsumsi makanan berminyak, serta membersihkan muka setelah memakai riasan.

Perlu diketahui, jerawat disebabkan berbagai faktor. Mulai dari produksi minyak berlebihan, bakteri, kosmetik, makanan, stres, obat-obatan, benda kotor yang menyentuh permukaan kulit wajah, dan masih banyak lagi. (Egitya Eryaningwidhi/Solopos.com)


Berita Terkait

Berita Terkini

Polres Boyolali Salurkan Bantuan Logistik ke Korban Erupsi Semeru

Polres Boyolali mengirimkan bantuan logistik kepada para korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

Jatuh dari Panggung, Polah Penari Waria di Sragen Ini Bikin Auto Ngakak

Keriuhan penonton pecah saat Excel, seorang waria anggota Sedap Malam Sragen terjatuh dari panggung ketika sedang menari.

Dorong Transformasi, Ini Strategi Darmawan Prasodjo Nakhodai PLN

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo akan melanjutkan transformasi di segala lini untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan sehingga dapat mendongkrak perekonomian nasional.

Doa Supaya Tidak Mudah Lupa dan Kuat Ingatan dalam Islam

Berikut ini terdapat doa supaya tidak mudah lupa dan kuat dalam ingatan menurut ajaran Islam. Dibaca setelah salat wajib 5 waktu ya!

Bocoran Cara Jadi Pemenang Lomba Astra, Biar Dapat Hadiah Motor

Bagaimana sih cara menjadi pemenang dalam Lomba Astra 2021 dan mendapatkan hadiah? Yuk cari tahu selengkapnya di bawah ini!

Sukorejo Sragen Usung Paket Wisata Menari dan 10 Menit Belajar Gamelan

Kampung Wisata Sukorejo, Sragen, menawarkan paket wisata belajar menari dan bermain gamelan dalam waktu 10 menit.

Bergerak Variatif! Cek Harga Emas Pegadaian, Rabu 8 Desember 2021

Harga emas batangan 24 karat di Pegadaian pada Rabu (8/12/2021) bergerak variatif untuk cetakan UBS maupun Antam.

Bagaimana Cara Mengatasi Nyeri Lutut, Dipijat?

Bagaimana sih cara mengatasi nyeri lutut yang dialami oleh seseorang, apakah diperbolehkan dipijat? Yuk cari tahu di sini!

Single Parent, Bu Harsi "Tengkleng" Besarkan 2 Anak Hingga Lulus Kuliah

Sejak ditinggal mati suaminya, Harsi, 55, harus berjuang sendirian membesarkan dua putrinya hingga lulus kuliah. Di balik sosoknya yang belakangan menjadi buah bibir masyarakat, Harsi adalah sosok ibu pekerja keras dan menjadi tulang punggung keluarga.

+ PLUS Tari dan Matematika Mengungkap Nilai Spiritualitas Sehari-Hari

Etnomatematika adalah konsep matematika yang diaplikasikan menjadi aktivitas, kebiasaan, atau adat kehidupan masyarakat dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.

10 Berita Terpopuler: PPKM Level 3 Nataru Batal hingga Ramalan Jayabaya

Kabar keputusan pemerintah batal menerapkan PPKM level 3 di semua wilayah Indonesia saat momen libur Nataru dan ramalan Jayabaya menjadi berita terpopuler di Solopos.com Rabu (8/12/2021).

Jadwal Bioskop XXI Hari Ini (8/12/2021): Ada 2 Film Baru

Berikut ini jadwal bioskop XXI hari ini, Rabu, 8 Desember 2021 di Kota Solo dan beberapa kota lainnya. Banyak film seru dan baru hlo!

Hari Ini Ada Pemeliharaan Jaringan, Listrik di Boyolali Padam 3 Jam

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Boyolali hari Rabu, 8 Desember 2021 yang berlangsung tiga jam.

Lirik Lagu Aku Dewean - Dory Harsa

Berikut ini lirik lagu Aku Dewean dari Dory Harsa, yang telah tayang pada Selasa, 7 Desember 2021 di Youtube.

Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, Dari Semarang Menuju Solo

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 memulai hari kelima ekspedisi dengan menempuh perjalanan dari Semarang ke Solo, Rabu (8/12/2021) pagi

Round Up: Petani Sragen Ditemukan Meninggal Tercebur Sumur

Seorang petani ditemukan meninggal dunia di dalam sumur di area persawahan di Dukuh Sapen, Desa Slogo, Kecamatan Tanon, Sragen, Senin (6/12/2021).