SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA -— Banyak masyarakat yang belum paham apa itu kurikulum 2013. Para orangtua siswa dinilai menjadi pihak yang paling perlu mengetahui akan kurikulum tersebut.

Karena itu, DPR meminta Kemendikbud menyosialisasikan dengan gencar apa itu kurikulum 2013. Anggota Komisi X DPR Herlini Amran meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjelaskan ke publik dan panitia kerja lembaga legislatif tentang rumusan akhir Kurikulum 2013.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia, penjelasan ke publik sangat diperlukan karena masih banyak ketidakpahaman masyarakat terhadap teknis pelaksanaan Kurikulum 2013.

Ekspedisi Mudik 2024

Apalagi, lanjutnya, DPR masih mempertanyakan tentang pembahasan kurikulum tersebut terkait dengan pelaksanaan uji publik sekitar satu bulan lalu kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Kami menilai pelaksanaan uji publik ini kurang ideal, sehingga wajar jika ada pihak-pihak yang menganggap uji publik sekadar formalitas atau terkesan dipaksakan,” katanya, Senin (14/1/2013).

Herlini menuturkan masih banyak masyarakat yang meragukan utilisasi masukan publik apabila silabus atau modulnya sudah jadi.

Oleh karena itu, dia berharap Kemendikbud dapat memberikan penjelasan lebih detail tentang teknis pelaksanaan uji publik, sehingga menjamin masukan publik paralel/sekuensial dengan rumusan akhir Kurikulum 2013.

“Jangan sampai semua masukan itu ditabulasi saja, sedangkan konsepsi akhir kurikulum sudah dibuat duluan,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya