Pak Gojek Wajib Waspadai Aplikasi Baru Ini!
Pengemudi ojek online melintas di kawasan Mayestik, Jakarta, Rabu (18/3/2020). (Bisnis-Eusebio Chrysnamurti)

Solopos.com, JAKARTA — PT Aplikasi Karya Anak Bangsa bersiap-siap menggunakan aplikasi Distracted Driver Detector untuk mendeteksi para pengendara atau mitra Gojek yang dinilai ugal-ugalan. Langkah itu ditempuh untuk menertibkan reader yang berperilaku tidak semestinya.

VP of Data Science Gojek Syafri Bahar mengatakan solusi yang dihadirkan oleh para pemenang program Bangkit, berpotensi untuk dikerjasamakan dengan Gojek. Salah satunya adalah solusi aplikasi pendeteksi pengendara atau Distracted Driver Detector bagi mitra pengemudi Gojek.

Hadapi Krisis Pangan di Era Pandemi Covid-19, Gali Potensi Talas!

Menurutnya, dengan aplikasi anyar tersebut Gojek dapat membaca perilaku pengendara selama mengemudi. Hasil dari pembacaan perilaku tersebut akan menjadi bahan evaluasi Gojek.

“Dengan data-data telemetri nantinya kami bisa mengetahui pola mengemudi mitra seperti apa, sehingga Gojek bisa memberi pemberitahuan dan peringatan jika ada indikasi pengemudi ugal-ugalan,” kata Syafri dalam acara Webinar “Wisuda Bangkit”, Rabu (9/9/2020).

Tekan Angka Kecelakaan

Sekadar catatan, Distracted Driver Detector merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Joko Eliyanto, salah seorang dengan ide terbaik dalam program Bangkit. Program itu adalah program edukasi digital hasil kolaborasi Google, Gojek, Traveloka, dan Tokopedia.

Aplikasi ini dibuat berangkat dari Joko dan kedua temannya menyadari bahwa jumlah kecelakaan di Indonesia yang semakin bertambah. Meningkatnya angka kecelakaan itu antara lain dipicu kelalaian pengemudi.

NASA Seriusi Misi Kembali ke Bulan, Roket SLS Diuji Coba…

Selain itu, kata Syafri, Gojek berpeluang untuk menggunakan mengembangkan fitur aplikasi lulusan Bangkit lainnya yaitu Ingredients Classification di Gofood.

Dengan aplikasi tersebut nantinya pengguna Gofood dapat memperoleh informasi mengenai makanan-makanan yang bermanfaat bagi pengguna sehingga mereka tertarik untuk memesan.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Sumber: Bisnis



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom