Pak-Bu Guru, Ini Catatan Bill Gates Soal Digitalisasi Pendidikan

Digitalisasi pendidikan hanya melengkapi pembelajaran tak bisa menggantikan pertemuan langsung, utamanya untuk pelajar muda atau anak-anak.

 Sejumlah orang tua murid menunggu anaknya saat bersekolah pada hari pertama tahun ajaran baru di SD Negeri 1 Praja Taman Sari di Desa Wonuamonapa, Konawe, Sulawesi Tenggara, Senin (13/7/2020). Pihak sekolah terpaksa menerapkan pembelajaran dengan tiga kali pertemuan tatap muka di sekolah dalam sepekan karena terbatasnya jaringan telekomunikasi untuk penerapan pembelajaran jarak jauh secara daring guna mencegah persebaran Covid-19. (Antara Foto–Jojon)

SOLOPOS.COM - Sejumlah orang tua murid menunggu anaknya saat bersekolah pada hari pertama tahun ajaran baru di SD Negeri 1 Praja Taman Sari di Desa Wonuamonapa, Konawe, Sulawesi Tenggara, Senin (13/7/2020). Pihak sekolah terpaksa menerapkan pembelajaran dengan tiga kali pertemuan tatap muka di sekolah dalam sepekan karena terbatasnya jaringan telekomunikasi untuk penerapan pembelajaran jarak jauh secara daring guna mencegah persebaran Covid-19. (Antara Foto–Jojon)

Solopos.com, SOLO – Digitalisasi di dunia pendidikan selama pandemi berlangsung tak luput dari sorotan Bill Gates, tokoh bisnis dan teknologi dari Amerika. Bill Gates meyakini digitalisasi tak mampu menggantikan sistem pendidikan namun sekadar melengkapi metode pembelajaran.

Hal itu ditulis Bill Gates dalam blog pribadinya. Isu digitalisasi pendidikan ditulisnya sebagai bagian ke dua setelah isu dunia kerja dan bisnis yang disebutnya bakal membuka kesempatan perkembangan teknologi digital ke depannya.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Baca Juga: Ramalan Bill Gates 2022: Bakal Banyak Avatar Mewakili Pertemuan Virtual

Digitalisasi pendidikan disebut Bill Gates sangat dipengaruhi oleh fasilitas yang dimiliki peserta didik di rumah. Kesenjangan akses telah menyempit sejak pandemi berlangsung dan disebutnya akan terus menyempit.

Mantan bos Microsoft itu menilai perlunya menemukan cara untuk memperluas akses dengan pengembangan inovasi baru. Bill Gates menuliskan memang pandemi mempercepat pengembangan kurikulum yang dinamis. Hal itu dikatakan butuh disesuaikan untuk kebutuhan individu peserta didik dan guru ke depan.

Baca Juga: Guru dan Siswa Dapat Tambahan Bantuan Kuota Data Desember

Alat-alat baru diperlukan melengkapi pembelajaran dibanding menggantikan proses belajar tatap muka. Sebab, Bill Gates melihat digitalisasi pendidikan kurang efektif diberlakukan utamanya untuk kalangan siswa muda atau anak-anak.

Efek Digitalisasi Pendidikan

Bill Gates juga menyoroti efek abadi dari digitalisasi pendidikan. Dia mengatakan digitalisasi pendidikan cukup mampu menggantikan pertemuan tatap muka untuk siswa sekolah menengah atas.

Dia mencatat kebutuhan pelajar membutuhkan konten pebelajaran yang lebih menarik dan membantu mengerjakan pekerjaan rumah secara online. Konten pembelajaran ke depan diprediksinya bakal lebih menarik dan lebih dipersonalisasi untuk pelajar. Namun, itu bisa terjadi jika pelajar secara terbuka bisa memberikan umpan balik yang cukup untuk penyedia konten pembelajaran.

Baca Juga: Bos Xiaomi Unggah Foto Jadul, Berangkat dari Toko Buku Online

Bagi para guru, Bill Gates meramalkan kalangan tersebut akan mendapatkan pemahaman lebih tentang kinerja siswa. Dengan alat inovatif yang telah dikembangkan beberapa perusahaan selama pandemi dinilai Bill Gates masih bisa membantu para guru dalam melaksanakan tugasnya.

Secara spesifik, Bill Gates memprediksi lompatan terbesar akan terjadi pada kurikulum matematika. Dia memandang mata pelajaran ini menjadi momok besar namun dia optimistis momok itu akan terselesaikan dengan teknologi.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      + PLUS Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      Gempa bumi dalam dan menengah yang biasa terjadi di Laut Jawa menyimpan banyak misteri yang belum terungkap dengan detail. Banyak teori yang membahas tentang fenomena gempa bumi dalam dan menengah.

      Berita Terkini

      Harga Rp1 Jutaan, Infinix Smart 6 Plus Layarnya Luas

      HP Infinix Smart 6 Plus harganya Rp1 jutaan dengan sejumlah keunggulan yang ditawarkan untuk penggunanya.

      Oppo Hadirkan Reno8 dan Reno8 5G di Indonesia, Unggulkan Kamera

      Oppo Reno8 dan Oppo Reno8 5G hadir di Indonesia menjanjikan pengalaman fotografi pada malam hari dengan fitur Ultra Clear Night Potrait.

      Tren Ponsel Lipat, OnePlus Bakal Ikutan?

      Tren ponsel lipat teris berkembang, sejumlah produsen handphone sudah meluncurkannya ke pasaran. Apakah OnePlus akan ikutan meluncurkan produk serupa?

      Kontak Telepon di Handphone Terhapus? Begini Cara Mengembalikannya

      Anda kini tidak perlu khawatir jika kehilangan kontak telepon dari daftar kontak di HP. Karena bisa menggembalikannya dengan beberapa cara.

      Mix Fold 2 Ponsel Lipat dari Xiaomi Berkamera Leica

      Ponsel lipat sepertinya sedang jadi idola karena Xiaomi juga yang meluncurkan produk serupa bernama Xiaomi Mix Fold 2 dengan kamera Leica.

      Harga Samsung Galaxy Z Flip 4 yang Diluncurkan Secara Global

      Samsung meluncurkan secara global smartphone barunya, yakni Samsung Galaxy Z Flip 4. Adapun harga Samsung Galaxy Z Flip 4 di atas Rp10 juta.

      Cara Membuat Link di Bio Instagram dengan Cepat

      Berikut ini cara mudah untuk memasang link di bio akun Instagram milikmu dengan mudah dan gratis. Enggak repot kok!

      Samsung Luncurkan Dua Ponsel Lipat Galaxy Z Series Secara Global

      Smartphone baru dari Samsung, Galaxy Z Flip4 5G dan Galazy Z Fold4 5G meluncur ke pasar global

      Mau Buat Konten Video, Tak Hanya Visual Perhatikan Juga Kualitas Audio

      Tak hanya dari sisi visual saja yang diperhatikan saat membuat konten video, namun konten kreator juga memperhatikan kualitas audio.

      MSI Luncurkan Dua Laptop Gaming Performa Tinggi di Indonesia

      Memenuhi kebutuhan para gamer yang memerlukan laptop berperforma tinggi,MSI menghadrikan dua model laptop gaming terbaru.

      BMKG: Perubahan Iklim di Indonesia Berada Pada Kondisi Kritis

      Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyatakan perubahan iklim di Indonesia pada batas kondisi kritis.

      Kini Hapus Pesan di Aplikasi WhatsApp Butuh Waktu Dua Hari

      Kini menghapus pesan di aplikasi WhatsApp butuh dua hari. Jadi pikirkan dulu apa yang hendak Anda tulis atau hendak share

      Spesifikasi dan Harga HP Realme 9i 5G yang Segera Dirilis

      Realme bakal merilis smartphone terbarunya yang mengandalkan jaringan 5G, yakni HP Realme 9i 5G.

      WhatsApp Kamu Diretas, Begini Cara Mengembalikannya

      Penjahat siber selalu berupaya mencari korban di semua plaftorm termasuk aplikasi WhatsApp. Jika WhatsApp kamu diretas, Berikut cara mengembalikannya.

      Cara Download Video di Twitter Mudah, Bisa Pakai Laman Atau Aplikasi

      Terkadang kita ingin menyimpan video di media sosial seperti Twitter, Anda bisa menggunakan cara download video di Twitter berikut ini.

      WhatsApp Rilis Fitur Reaksi Status Mirip di Instagram Tapi Terbatas

      Aplikasi WhatsApp meluncurkan fitur reaksi status mirip reaksi Story Instagram. Hanya ke beberapa pengguna.