SOLOPOS.COM - Komunitas Pajero Indonesia One Solo (JIBI/Solopos/Istimewa/Pajero Indonesia Solo)

Solopos.com, SOLO–Memboyong keluarga dalam acara turing komunitas penggemar atau pengguna kendaraan bermotor sudah biasa dilakukan. Tapi kalau dalam acara itu ada misi menanamkan rasa nasionalisme, mungkin baru komunitas pengguna mobil Mitsubishi Pajero Sport, Pajero Indonesia One (PI1) yang melakukannya.

Ini terlihat ketika komunitas otomotif yang mengusung tagline, My Club My Family menggelar gathering nasional perdana di Kota Solo, 29-31 Maret 2014.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Keluarga komunitas tersebut mengikuti kegiatan yang bertema edukasi di Keraton Surakarta Hadiningrat di Kota Solo dan Museum Sangiran di Kabupaten Sragen.

Selain menjadi sarana silaturahmi berbasis kekeluargaan, komunitas PI1 ini memang memiliki misi mengenalkan budaya dan dunia pariwisata melalui kegiatan touring sebagai bentuk nasionalisme.

Lokasi tujuan touring pun dipilih yang diharapkan mampu menumbuhkan jiwa cinta Tanah Air kepada anggota komunitas dan keluarganya. Seperti pas gathering nasional perdana di Kota Solo dan Sragen. Lokasi yang dipilih selain sebagai lokasi wisata juga memiliki nilai sejarah dalam perkembangan bangsa dan negara Indonesia.

“Tidak hanya itu, penamaan korwil PI1 di daerah-daerah pun disesuaikan dengan nama yang menunjukkan nasionalisme,” jelas Ketua Koordinator Wilayah (Korwil) Jateng dan DIY, Astogiri Santoso saat dijumpai Espos belum lama ini. Seperti, Bukit Barisan (Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Riau), Sriwijaya (Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Babel & Lampung), Diponegoro (Jawa Tengah dan Jogjakarta), Siliwangi (Jawa Barat), Brawijaya (Jawa Timur), serta Jayakarta (Jabodetabek)

Astogiri menambahkan, kendati masing-masing anggota dan keluarganya baru bertemu dalam kegiatan kopi darat (kopdar) berskala nasional di Solo, namun keakraban layaknya bertemu keluarga jelas terlihat. “Ini mungkin sesuai visi komunitas ini, menjadi jaringan silaturahmi berbasis kekeluargaan yang mampu meningkatkan kualitas hidup para anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya,” terang dia.

Jalinan persaudaraan yang kuat di komunitas Pajero Indonesia One Korwil Jateng, di Solo diakui anggota komunitas tersebut, Daris dan Budi saat bertemu Espos, di Sekretariat PI1 Jl. Gatot Subroto No.160 Solo belum lama ini. Menurut keduanya, setiap kegiatan komunitas pasti akan melibatkan keluarga dalam hal ini anak dan istri. Hal ini yang membuat mereka tertarik untuk bergabung ke PI1 Solo.

“Karenanya setiap menggelar touring pasti menyesuaikan hari libur anak-anak, kami ingin keluarga juga merasa memiliki komunitas ini. Bahkan sekarang yang menagih touring malah anak dan istri,” papar Daris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya