SOLOPOS.COM - Bimbingan teknik (bimtek) e-filling di Gedung Pemda DIY Unit 9, Jogja, Jumat (18/3/2016). (Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja)

Pajak online di DIY dioptimalkan dengan duta e-filling

Harianjogja.com, JOGJA—Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jogja mencetak 900 duta e-filling untuk mendukung pelaporan SPT menggunakan e-filling. KPP Pratama Jogja memfasilitasi bimbingan teknik (bimtek) e-filling di Gedung Pemda DIY Unit 9, Jogja, Jumat (18/3/2016).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala KPP Pratama Jogja R Sholeh Abdulrahman mengungkapkan, melalui duta e-filling diharapkan semua aparatur sipil negara (ASN), TNI, dan Polri melaporkan SPT-nya menggunakan e-filling.

“KPP Pratama Jogja meliputi Pemda, Pemkot, TNI, Polri, dan usahawan-usahawan. Kami sudah mencetak sekitar 900 duta e-filling,” ujar dia di Gedung Pemda DIY Unit 9, Jogja, Jumat (18/3/2016).

Ia mengungkapkan, target pelaporan SPT melalui e-filling sebesar 143.000 di DIY. Adapun target KPP Pratama Jogja untuk e-filling di wilayah Jogja sebesar 32.000. Realisasi sejauh ini sekitar 35% hingga 40%. Diharapkan pada akhir Maret 2016 sudah mencapai 90%. Keberadaan duta-duta e-filling diharapkan mampu mendorong pencapaian target tersebut.

“Saya harap masyarakat tidak melaporkan SPT-nya serentak pada akhir Maret sehingga sistem yang ada tidak terganggu,” ungkap dia.

Ia menyebutkan, khusus pada 30 dan 31 Maret 2016 kantor pajak akan buka sampai pukul 19.00 WIB khusus untuk melayani Wajib Pajak Orang Pribadi (WPOP).

Sebelumnya, KPP Pratama Jogja sudah pernah mengadakan bimtek dengan sasaran bendahara dan orang yang paham internet di semua SKPD. Mereka diharapkan bisa membagi ilmu kepada teman-temannya mengenai e-filling. Namun, belum semua duta memahami dengan baik tata cara pelaporan SPT dengan e-filling sehingga perlu diadakan bimtek ulang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya