SOLOPOS.COM - Ilustrasi sepeda motor (Dok/JIBI/Solopos)

Sepeda Motor (Dok/JIBI/Solopos)

Sepeda Motor (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi Jateng, mantargetkan  pendapatan pajak kendaraan bermotor (PKB) Rp1,2 triliun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah (DPPAD) Jateng, Herry Supangat, mengatakan target tersebut berdasarkan potensi jumlah kendaraan bermotor baik  mobil dan sepeda motor yang ada di Jateng.

Ekspedisi Mudik 2024

“Dari data mobil dan motor yang ada, maka kami targetkan perolehan PKB, pada  APBD Perubahan Jateng 2013 senilai Rp1,2 triliun,” ungkapnya di Semarang, akhir pekan kemarin.

Untuk mencapai target itu, lanjut dia, dengan meningkatkan pelayanan perpanjangan surat tanda nomor kendaraan (STNK) kepada masyarakat, terutama di pedesaan. DPPAD, kata Herry, akan melakukan sistem menjemput bola, mendatangi langsung masyarakat di desa menggunakan mobil Samsat keliling.

“Mobil Samsat keliling ini akan bisa mengangkat pendapatan pajak, apalagi potensi di pedesaan atau daerah pinggiran cukup besar terutama untuk kendaraan roda dua.”

Menurut dia, pelayanan di mobil Samsat keliling cukup cepat, sepanjang  persyaratan komplet, maka perpanjangan STNK bisa dilakukan dalam waktu tiga menit.

Dia menambahkan, menjelang HUT ke-68 Kemerdekaan RI telah menyerahkan bantuan sebanyak 15 unit mobil Samsat keliling kepada Unit Pelayanan Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah (UP3AD) di 15 kabupaten di Jateng.  UP3AD penerima mobil Samsat keliling antara lain,  Kota Semarang, Grobogan, Karanganyar, Boyolali, Sragen,  Kabupaten Cilacap, Purworejo, Kendal, Demak, Jepara, Rembang, Wonosobo, Temanggung, Batang, dan Purbalingga.

“Bantuan mobil Samsat keliling ini nantinya secara bertahap akan diberikan kepada 35 kabupaten/kota,” tandasnya.

Mobil Samsat keliling ini, jelas Herry, setiap hari akan bergerak atau stad by di balai desa dan kantor kecamatan mendekatkan diri dengan masyarakat. Masyarakat bisa melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor atau perpanjangan STNK di mobil Samsat keliling.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya