SOLOPOS.COM - Wajib pajak memadati kantor Samsat Solo di Jl. Prof. dr. Soeharso, Jajar, Laweyan, Kamis (24/11/2016). (Muhammad Ismail/JIBI/Solopos)

Pajak kendaraan Solo, Samsat Solo menerima 216 pengajuan balik nama kendaraan dalam tiga hari.

Solopos.com, SOLO — Unit Pelayanan Pendapatan dan Pemberdayaan Aset Daerah (UP3AD) Solo atau Samsat Solo menerima 216 permintaan balik nama kendaraan dalam tiga hari pertama masa penggratisan biaya balik nama kendaraan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penggratisan biaya balik nama itu sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) No. 46/2016 tentang Tata Cara Pembebasan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Bagi Kendandaraan Bermotor Dalam Provinsi Jawa Tengah dan Pembebasan Sanksi Administratif Pajak Kendaraan Bermotor. Kebijakan tersebut berlaku mulai 22 November sampai 30 Desember 2016.

Plt. Kasi Pajak UP3AD, Turmudi, mengatakan sejak penggratisan itu, antusiasme warga memanfaatkan program itu di luar perkiraan. Rata-rata per hari ada 100 wajib pajak yang memanfaatkan program itu.

“Kami banyak menerima permintaan pengajuan balik nama setelah adanya program itu. Permintaan balik nama di Samsat selama tiga hari ini mencapai 216 kendaraan,” ujar Turmudi saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Kamis (24/11/2016).

Turmudi menjelaskan permintaan balik nama kendaraan dari luar daerah masuk ke Solo sebanyak 173 kendaraan. Perinciannya roda dua 143 kendaraan dan roda empat sebanyak 39 kendaraan.

Selain itu, mutasi kendaraan dari Solo ke luar daerah lainnya di Jateng sebanyak 43 kendaraan. Perinciannya roda dua 16 kendaraan dan roda empat 32 kendaraan.

“Kami memprediksi warga yang memanfaatkan program itu akan semakin banyak. Kebijakan itu hanya ada di Jateng sehingga wajar jika banyak yang tertarik,” kata dia.

Sementara itu, Kepala UP3DA Solo, Sudarman, mengatakan jumlah pengunjung UP3AD setelah pemberlakuan Pergub No. 46 meningkat tajam.

Server Samsat pusat di Semarang menjadi lemot akibat membeludaknya permintaan wajib pajak. Kami pastikan pelayanan tetap lancar meskipun ada peningkatan wajib pajak yang datang ke Samsat,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya