SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi Investasi (JIBI/Solopos/Antara)

Ilustrasi Investasi (JIBI/Solopos/Antara)

Kanalsemarang.com, KUDUS – Realisasi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, hingga 15 September 2014 mencapai Rp11,52 miliar atau 66,96% dari rencana penerimaan selama setahun sebesar Rp17,2 miliar.

Promosi Kisah Agen Mitra UMi di Karawang: Penghasilan Bertambah dan Bantu Ekonomi Warga

“Dari rencana penerimaan sebesar Rp17,2 miliar, meliputi pajak untuk wilayah perkotaan Rp12,7 miliar dan wilayah pedesaan sebesar Rp4,50 miliar,” kata Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah (DPPKD) Kudus, Eko Djumartono melalui Kabid Perencanaan Operasional Pendapatan, Harso Widodo seperti dikutip Antara, Senin (22/9/2014).

Adapun realisasi untuk wilayah perkotaan sebesar Rp8,08 miliar (63,66%), sedangkan untuk wilayah pedesaan terealisasi Rp3,43 miliar (76,25%).

Sejauh ini, lanjut dia, pembayaran untuk wilayah pedesaan cukup tertib, di banding wilayah perkotaan.

Bahkan, lanjut dia, saat ini ada satu dari sembilan kecamatan yang sudah lunas PBB dengan jatuh tempo pembayaran pada September 2012.

Kecamatan tersebut, yakni Kecamatan Undaan dengan 16 desa, sedangkan Kecamatan Dawe masih menyisakan satu desa dari 18 desa.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, katanya, Kecamatan Undaan tersebut memang langganan lunas PBB sebelum jatuh tempo.

Atas prestasi pelunasan PBB sebelum jatuh tempo, katanya, akan mendapatkan hadiah berupa uang.

Hadiah serupa juga diberikan kepada perangkat desa ketika pelunasan PBB sebelum 31 Juli 2014 juga akan mendapatkan hadiah.

Sementara hadiah untuk tingkat desa dan kecamatan, katanya, pelunasannya maksimal 31 Agustus 2014.

Sementara itu, Camat Undaan, Mundir mengakui, wilayahnya memang lunas PBB sesuai batas waktu yang ditetapkan sebelum akhir Agustus, meskipun jatuh temponya pada bulan September.

“Ketentuan mengikuti lomba pelunasan PBB maksimal akhir Agustus,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya