Pahami Penggunaan Gawai Demi Kesehatan Mata

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) menambah frekuensi penggunaan gawai pada peserta didik meningkat, bahkan berlebih. Hal ini bisa berdampak bagi kesehatan mata.

 Pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan gawai bisa berdampak pada kesehatan mata. (Ilustrasi/Freepik)

SOLOPOS.COM - Pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan gawai bisa berdampak pada kesehatan mata. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO--Pembelajaran jarak jauh (PJJ) menambah frekuensi penggunaan gawai pada peserta didik meningkat, bahkan berlebih. Segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik bagi tubuh.

American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan waktu penggunaan layar harian berdasarkan usia 18-24 bulan kurang dari 1 jam, 3-5 tahun 1 jam, 6-10 tahun 1-1,5 jam, 11-13 tahun 2 jam.

Jika berlebih, salah satu efeknya adalah computer vision syndrome (CVS). Keluhan yang sering muncul umumnya mata terasa pegal, sulit untuk memfokuskan atau pandangan kabur, dan keluhan mata kering/dry eyes (seperti mata berair, terasa panas, mengganjal, seperti berpasir).

Baca Juga: KKN Di Tengah Pandemi, Mahasiswa UNS Membuat Tempat Handsanitizer Injak

CVS ini juga bisa disertai dengan keluhan pusing atau keluhan terkait musculoskeletal (pegal di leher, bahu atau pinggang). Efek yang sering saya temui pada pasien anak adalah pusing atau pandangan kabur. Keluhan-keluhan CVS umumnya bersifat sementara.

Sering juga dtemukan munculnya miopia atau yang biasa disebut mata minus (rabun jauh). Namun, hubungan mata minus dengan penggunaan gawai masih perlu diteliti lebih lanjut. Keluhan-keluhan di atas bisa disebabkan gawainya (kecerahan yang berlebihan, tulisan terlalu kecil, silau), bisa juga dari posisi saat menggunakan gawai (jarak terlalu dekat, tidak posisi duduk tegak).

Apabila timbul keluhan tersebut, maka sebaiknya diperiksakan ke dokter mata terdekat. Oleh dokter mata akan dilakukan pemeriksaan mata, seperti status refraksi anak, apakah terdapat gangguan tajam penglihatan atau tidak. Jika didapatkan, maka diberikan koreksi kacamata yang sesuai. Jika terdapat keluhan mata kering, bisa diberikan tetes mata lubrikan.

Baca Juga: Waduk Cengklik Park Boyolali Dibuka, Ada Kampung Sakura Di Dalamnya

Tips Aman dengan Gawai

dr. Nisita Suryanto Sp.M (istimewa)
dr. Nisita Suryanto Sp.M (istimewa)

Biasakan anak menggunakan aturan 20-20-20, yaitu setelah 20 menit melihat layar gawai (atau aktivitas melihat dekat lainnya), istirahat selama 20 detik, dengan cara melihat sejauh 20 kaki (6 meter).

Selain itu, peran orang tua juga diperlukan, dengan cara memperingatkan anak untuk beristirahat setelah selesai 1 level permainan atau 1 bab cerita.

Biasakan anak duduk di kursi yang ada sandarannya dan kaki tidak menggantung selama menggunakan laptop atau komputer, posisi layar sejajar atau sedikit di bawah mata, dan jaraknya sekitar 70 cm (sepanjang lengan).

Baca Juga: PPnBM Mobil Gratis, Ini Hitungannya Menurut Dealer

Jika menggunakan ponsel, jaraknya kurang lebih 30 cm. Duduk sebaiknya tidak membelakangi cahaya dan tidak terkena langsung AC atau kipas angin. Ingatkan anak untuk sering berkedip.

Terkadang anak tidak langsung menyampaikan keluhan yang dirasakan. Oleh karena itu, orangtua perlu mencermati apabila anak melihat dengan

mata, mengucek-ucek mata atau sering berkedip agar dapat melihat lebih jelas, maka periksakan ke dokter mata.

Untuk itu bisa datang ke RS JIH Solo di Jl. Adi Sucipto No. 118 Jajar, Solo, telepon (0271) 7469100, WhatsApp 081911500805. Bisa juga bisa kunjungi akun Facebook: Rumah Sakit JIH Solo, Instagram: rs.jihsolo, dan Twitter: rsJIHSolo Dengan peran orang tua dalam penggunaan gawai pada anak, kejadian CVS dapat dicegah lebih dini.

Berita Terkini

So Homy, Inilah Foto-Foto Kamar Rawat Inap RS JIH Solo

RS JIH Solo menyediakan aneka fasilitas mulai dari tempat parkir yang luas, lobby, poliklinik, dan suasana kamar rawat inap yang homy tapi tetap mengutamakan privasi pasien.

Bye Bye Vertigo! RS JIH Solo Geber Promo Layanan TMS dan FMS

Dalam promo RS JIH Solo tersebut, setiap 4 kali tindakan, akan mendapatkan 1 kali layanan free tindakan, baik TMS maupun FMS.

Minum Air Dingin saat Buka Puasa Memang Segar Tapi Ada Dampaknya

Mengonsumsi air dingin saat berbuka puasa yakni dalam kondisi perut kosong dan selalu rutin mengonsumsinya dapat mengakibatkan sakit tenggorokan dan hidung tersumbat.

Jangan Sepelekan Bahaya Kulit Kering! Bisa Picu Penuaan Dini Loh

Ciri-ciri kulit kering yakni warnanya terlihat kusam, tidak bercahaya, terasa kasar dan apabila digaruk akan muncul garis putih seperti sisik, jika parah kulit menjadi pecah-pecah.

Begini Loh Pola Tidur Sehat dan Nyaman Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil harus bisa tidur dengan nyaman, karena hal itu berdampak terhadap kesehatan si bumil dan bayinya.

Coba Yuk! Ini Tips Mencegah Mata Lelah saat Kegiatan Daring

Asthenopia adalah kelelahan okular atau ketegangan pada organ visual di mana terjadi gangguan pada mata dan sakit kepala sehubungan dengan penggunaan mata secara intensif.

Cegah Sejak Dini, Vaksinasi MR Lindungi Anak dari Campak & Rubella

Gejala campak meliputi demam tinggi, bercak kemerahan pada kulit, batuk dan pilek, sedangkan gejala rubella pada anak biasanya demam ringan, batuk pilek, mata merah, mirip gejala flu.

Cotton Bud Tak Direkomendasikan, Begini Cara Tepat Membersihkan Telinga

Dokter spesialis THT tidak merekomendasikan membersihkan kuping dengan cotton bud karena bisa mendorong kotoran masuk ke liang telinga dalam.

Wajib Waspada! 3 Penyakit Ini Mengintai Saat Cuaca Ekstrem

Membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun dan menghindari jajan sembarangan juga bisa mencegah seseorang terkena diare dan penyakit lainnya.

Ini Loh Cara Pencegahan, Gejala, hingga Pengobatan Demam Berdarah

Iklim tropis dan subtropis adalah habitat alami dari nyamuk aedes, sehingga menjadikan Indonesia sebagai salah satu daerah endemik demam berdarah.

Potret Beragam Fasilitas Keren di RS JIH Solo

RS JIH Solo memiliki kenyamanan yang khas.

Ini Cara Perawatan Kaki Diabetes

Kaki diabetes merupakan gangguan pada kaki yang muncul akibat komplikasi penyakit diabetes atau kencing manis.

Kupas Tuntas Tema Populer Kesehatan dari Studio RS JIH Solo

RS JIH Solo membangun studio khusus untuk talkshow edukasi membahas tema-tema kesehatan dengan dokter-dokter ahli.

HUT ke-2, RS JIH Solo Luncurkan Layanan Kesehatan Hi Doctor Care

Layanan Hi Doctor Care tersebut merupakan solusi dan menjawab keinginan Sahabat RS JIH Solo untuk mengakses layanan kesehatan.

Mengungkap Ragam dan Cara Penanganan Pilek

Penyakit pilek adalah salah satu penyakit yang populer di masyarakat. Bahkan mungkin setiap orang pernah mengalaminya. Namun jangan meremehkannya.

Jangan Tunggu Sampai Parah, Ini Cara Mengatasi Wasir

Penderita wasir atau ambeien biasanya datang ke rumah sakit untuk meminta penanganan ketika kondisinya sudah dalam stadium lanjut/parah.

Amankah ke Dokter Gigi di Masa Pandemi?

Di masa pandemi Covid-19 saat ini, jumlah pasien gigi yang berkunjung klinik maupun ke rumah sakit mengalami penurunan. Jika terjadi masalah yang tidak bisa ditunda, dokter gigi di klinik atau rumah sakit tetap memberikan pelayanan.

Kabar Gembira, Bakal Gratis Operasi Bibir Sumbing di JIH Solo

Rumah Sakit JIH Solo bekerja sama dengan lembaga kemanusiaan asal Amerika yang khusus membiayai pasien bibir sumbing dan atau kelainan langit-langit.

Mengenal Diabetic Foot Atau Kaki Diabetes dan Pencegahannya

Diabetic foot adalah semua gangguan pada kaki yang muncul akibat komplikasi penyakit diabetes atau kencing manis.

Pahami Penggunaan Gawai Demi Kesehatan Mata

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) menambah frekuensi penggunaan gawai pada peserta didik meningkat, bahkan berlebih. Hal ini bisa berdampak bagi kesehatan mata.

Agar Asma Tak Kambuh Saat Pandemi, Begini Caranya

Selama pandemi sebagian pasien merasa takut datang ke rumah sakit, sehingga asma mereka tidak terkontrol.

Wajib Tahu, Ini Gejala Sakit Hernia

Heria atau tedun adalah tonjolan organ tubuh lewat bukaan yang abnormal/otot atau jaringan tubuh yang lemah.

Keunggulan Operasi Laporoskopi, Pasien Cepat Sembuh dan Minimal Pendarahan

Keuntungan menjalani operasi laparoskopi pendarahan minimal, rasa nyeri lebih kecil, proses pemulihan cepat, dan mengurangi perlengketan bedah dibandingkan dengan operasi konvensional

Jangan Risau Saat Temukan Benjolan Pada Payudara

Benjolan pada payudara bisa muncul karena menstruasi. Kalau dua kali siklus menstruasi ada benjolan segera periksa ke dokter

Tak Perlu Galau Kalau Ada Benjolan di Payudara

Kasus kanker payudara merupakan jenis kanker tertinggi yang dialami oleh perempuan dengan deteksi dini secara mandiri demi mendeteksi banjelolan payudara.

Tak Kunjung Punya Anak Apakah Berarti Mandul? 

Mandul pada laki-laki adalah jika ia tidak dapat menghasilkan sperma, sedangkan pada perempuan jika ia tidak bisa menghasilkan sel telur.

Menstruasi Menunjukkan Organ Reproduksi Berfungsi

Gangguan haid atau menstruasi pada wanita cukup beragam, di antaranya adalah siklus yang tidak teratur atau berdurasi lama.

Milad ke-1, RS JIH Solo Luncurkan Klinik Tumbuh Kembang Anak

Rumah Sakit (RS) JIH Solo merayakan hari ulang tahun (HUT) pertama dengan meresmikan Klinik Tumbuh Kembang Anak di Lantai Ketujuh RS JIH Solo, Jl. Adi Sucipto No.118, Solo,

Jangan Terlambat! Deteksi Dini Bisa Cegah Anak Telat Bicara

Khawatir dengan perkembangan kemampuan bicara sang buah hati? Lakukan deteksi dini dan ketahui apa saja penyebab anak telat bicara berikut ini.

Hati-hati! Perkembangan Anak yang Sebenarnya Normal Bisa Terlambat karena Ini

Simak penjelasan salah satu dokter spesialis anak di Solo tentang beberapa penyebab gangguan tumbuh kembang buah hati berikut ini.

Hadapi New Normal, The Sunan Hotel Solo Bikin Pelatihan Bareng RS JIH

Menyonsong era kenormalan baru, The Sunan Hotel Solo terus meningkatkan pelayanan sesuai dengan protokol Covid 19.

Mulai Layani Pasien, Ini Daftar Tarif Rawat Inap dan Fasilitas RS JIH Solo

RS JIH Solo membagi layanan menjadi beberapa kelas dengan tarif dan fasilitas berbeda.