SOLOPOS.COM - Ilustrasi fengsui rumah. (Freepik.com)

Solopos.com, JOGJA — Sesuai maknanaya, fengsui adalah letak bangunan atau rumah (dengan bagian atau isinya) yang dianggap mempunyai pengaruh baik atau buruk terhadap penghuninya. Karena itulah dalam fengsui, arah rumah menentukan segalanya.

Fengsui mengajarkan arah rumah bisa memengaruhi penghuninya. Dikutip Harian Jogja—grup Solopos.com—dari Lamudi.co.id, ada delapan fengsui arah rumah dan dampak yang ditimbulkan.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Rumah tinggal merupakan tempat bernaung, berlindung, dan tempat beristirahat. Oleh karena itu, berbagai aspek tentang bangunan, penataan interior, hingga lingkungan sebaiknya memperhatikan unsur alam.

Buntelan Kain Kafan Berisi Foto Sejoli di Makam Keramat Viral

Ekspedisi Mudik 2024

Dalam hal ini, fengsui bisa memberi pedoman yang baik. Salah satu aspek yang paling penting dalam membangun rumah adalah fengsui arah rumah. Menurut fengsui, arah rumah bisa menentikan keberuntungan, kemakmuran, kesehatan, dan bahkan kebahagiaan.

1. Arah Timur

Rumah yang menghadap kearah timur berarti menghadap ke matahari terbit. Dalam fengsui, arah rumah ini cukup baik karena bisa menyambut datangnya matahari di pagi hari. Selain itu, arah rumah ini juga dianggap langsung merujuk ke keberuntungan dalam bidang kesehatan. Artinya, orang yang tinggal di rumah yang menghadap ke timur bisa memiliki kesehatan yang baik.

2. Arah Tenggara

Fengsui arah rumah tenggara dalam fengsui diidentikkan dengan kekayaan dan juga rezeki yang melimpah. Selain itu, rumah yang dihadapkan ke tenggara dan sedikit ke timur melambangkan kekayaan yang terus bertambah dan bisa memakmurkan orang-orang sekitar.

3. Arah Selatan

Arah selatan dalam fengsui dianggap sebagai arah yang netral. Arah rumah ini tidak menghadap ke matahari terbit tetapi juga  tidak menghadap ke matahari terbenam. Meskipun begitu, rumah yang menghadap ke selatan diidentikkan dengan popularitas dan juga kekuasaan. Selain itu, penghuninya juga dipastikan memiliki sifat yang tiai tercela dan selalu memiliki pengakuan di masyarakat.

4. Arah Barat Daya

Fengsui arah rumah barat daya dalam feng shui merupakan simbol romantis. Simbol romantika memang disimbolkan dengan arah barat daya yang sedikit melenceng ke selatan. Ini akan membuat penghuninya mendapatkan keberuntungan dalam romantika, percintaan, dan juga keharmonisan dalam rumah tangga. Arah barat daya ini sebenarnya lebih identik dengan kaum wanita.

5. Arah Barat

Arah barat identik dengan keberuntungan keluarga. Rumah yang menghadap barat akan memiliki kehidupan keluarga yang harmonis dan bahagia.

6. Arah Barat Laut

Barat laut identik dengan pertolongan dari langit. Rumah yang menghadap pada arah ini diidentikkan dengan pemimpin, pengaruh, dan pekerjaan yang besar, selain itu, penghuninya juga akan berkontribusi banyak dalam berbagai bidang, terutama bidang ekonomi.

7. Arah Utara

Dalam fengsui, arah utara identik dengan keberuntungan dalam membangun karir. Selain itu, arah utara juga bisa diidentikkan dengan keberuntungan lainnya, seperti bisnis, rumah tangga, dan juga kebahagiaan pribadi.

8. Arah Timur Laut

Timur laut bisa diidentikan dengan keberuntungan dalam bidang pendidikan. Orang yang tinggal di rumah yang memiliki arah timur laut akan sukses dalam pendidikan, riset, dan juga kesuksesan dalam bisnis.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya