Ketua Paguyuban Warga Solo Peduli Pemilu, Johan Syafaat Mahanani, Selasa (10/12/2019), dalam jumpa pers di RM Adem Ayem Solo. (Solopos-Kurniawan)

Solopos.com, SOLO -- Paguyuban Warga Solo Peduli Pemilu yang bersekretariat di Jl. Ki Hajar Dewantara No. 35 Jebres, Solo, menyatakan keberatan jika Gibran Rakabuming Raka jadi maju dalam bursa pencalonan wali kota (cawali) Solo untuk Pilkada 2020.

Pernyataan itu disampaikan Ketua Paguyuban Warga Solo Peduli Pemilu, Johan Syafaat Mahanani, Selasa (10/12/2019). Penolakan itu atas dasar dugaan bahwa putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu tidak menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada tahun 2015.

“Setelah melalui sharing dan berdiskusi lama, panjang, kami menyatakan sikap terkait pencalonan Gibran selaku warga Solo dan anak Presiden. Kami menyatakan keberatan. Bukan menolak,” tutur dia di RM Adem Ayem Solo.

Johan mengaku mendapat informasi valid yang menyatakan Gibran tidak melaksanakan kewajibannya untuk memilih salah satu kontestan dalam Pilkada Solo 2015. Gibran, menurut dia, malah berada di luar negeri.

“Ini sangat lucu ketika [Gibran] tidak menggunakan kewajibannya memberikan dukungan kepada siapa pun, malah sekarang ingin dipilih. Bagi saya ini lucu. Saat itu dia adalah anak Presiden yang harusnya jadi contoh,” ujar dia.

Johan memberikan kesempatan kepada Gibran untuk maju dalam Pilkada Solo 2025, bukan tahun 2020. Tapi dia mensyaratkan agar Gibran aktif menggunakan hak pilih atau kewajibannya sebagai warga Solo dalam Pilkada 2020.

“Akan menjadi preseden buruk bila seseorang yang tidak memilih dalam Pilkada sebelumnya, malah dalam pilkada sekarang ingin dipilih. Orang yang sebelumnya Golput ingin dipilih. Ini jadi contoh tidak baik bagi warga,” imbuh dia.

Johan menyatakan pernyataan sikap Paguyuban Warga Solo Peduli Pemilu akan dikirim ke DPC/DPD enam parpol yang punya kursi di DPRD Solo dan ditembuskan ke DPP masing-masing.

“Sikap kami sebagai masukan kepada teman-teman yang punya wakil di DPRD. Ini pernyataan sikap kami,” kata dia.

Sementara itu, saat solopos.com berupaya mengonfirmasi ke Gibran via Whatsapp terkait keberatan dari Paguyuban Warga Solo Peduli Pemilu, ayah La Lembah Manah itu hingga berita ini diturunkan belum merespons.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten