SOLOPOS.COM - Pantai Baron, salah satu objek wisata di Gunungkidul. (Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Gunungkidul menyiapkan dua pipa panjang di dua pantai di Gunungkidul untuk padusan jelang puasa.

Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Disbudpar Gunungkidul A Hari Sukmono menuturkan dua pipa akan dipasang di Pantai Sundak, Kecamatan Tepus dan Pantai Baron, Kecamatan Tanjungsari. Pipa terbuat dari peralon sepanjang 15 meter.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Disbudpar berniat memasang shower di banyak titik di pantai namun tidak semua pantai memiliki akses yang mudah kepada sumber air tawar. Berbeda dengan Baron dan Sundak, yang memiliki sumber air tawar.

Ekspedisi Mudik 2024

“Selain di sepanjang pantai, titik yang biasa digunakan untuk padusan yakni di Air Terjun Sri Gethuk,”  ujar Hari, Kamis (26/6/2014).

Warga diimbau untuk padusan di tempat yang direkomendasikan Disbudpar karena sudah terjamin keamanannya. Disbudpar tidak merekomendasikan padusan di telaga karena kondisinya dinilai kurang memadai.

Koordinator SAR Satlinmas Korwil II Marjono menuturkan ketika padusan, seluruh anggota SAR Satlinmas akan bersiaga di pantai. Keamanan pengunjung menjadi prioritas utama. “Kami akan menyiagakan 55 anggota di pantai yang masuk Korwil II,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya