SOLOPOS.COM - Para juara PSTW 2016 kategori Padmanaba Science Competition berfoto bersama usai penyerahan hadiah di halaman Gedung Mandala Bakti Wanitatama, Minggu (13/11/2016) sore. (Arif Wahyudi/Harian jogja)

Padmanaba Science Tech Week diikuti ratusan siswa dari berbagai daerah

Harianjogja.com, JOGJA – Ratusan siswa SMP  dari Jawa Tengah dan DIY antusias mengikuti kompetisi Padmanaba Science Tech Week (PSTW) yang dihelat keluarga besar SMA Negeri 3 Jogja sejak 6 November lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Adapun partai grand final berlangsung di Gedung Mandala Bakti Wanitatama, Minggu (13/11/2016) sore.

Ketua Panitia PSTW Reski Waluya mengungkapkan, dalam kompetisi ini dibagi menjadi dua kategori. Bidang pertama, Padmanaba Science Competition. Selanjutnya bidang kedua, Padmanaba Water Roket Competition.

“Untuk kategori pertama diikuti 100 tim dari berbagai SMP di Jawa Tengah dan DIY. Kemudian, yang kategori kedua pesertanya lebih banyak, mencapai 140 tim. Bahkan ada yang dari Ponorogo, Jawa Timur,” paparnya kepada Harianjogja.com, Minggu sore.

Dari kategori Padmanaba Science Competition, SMP Kesatuan Bangsa Jogja berhasil menjadi juara dengan total nilai 909. Sekolah ini selanjutnya sekolah ini berhak membawa piala, piagam serta uang pembinaan senilai Rp3 juta. Peringkat kedua ditempati SMP Stella Duce dengan total nilai 889. Kemudian di posisi ketiga ada SMP Joannes Bosco dengan capaian nilai 747.

Untuk kategori Padmanaba Roket Water Competition, juara pertama diraih SMP Muhammadiyah 1 Mlati, Sleman. Peringkat kedua dicapai SMP Muhammadiyah 3 Depok dan terakhir di posisi tiga ada SMP Muhammadiyah 4 Jogja.

Kompetisi Padmanaba Science Competition dan Padmanaba Water Roket Competition berbeda bentuk. Kategori pertama semacam olimpiade ilmu pengetahuan, dalam satu tim ada tiga orang. Sementara kategori kedua adalah menerbangkan roket, ada dua orang dalam satu tim.

“Besar hadiahnya berbeda pula karena tingkat kesulitannya beda. Untuk kategori pertama hadiahnya secara berurutan peringkat, yakni Rp3 juta, Rp2,4 juta dan Rp1,2 juta. Untuk kategori kedua hadiahnya secara berurutan Rp2 juta, Rp1,5 juta dan Rp800 ribu,” jelasnya.

Lebih lanjut Reski menjelaskan, Padmanaba merupakan sebuah istilah untuk menyebut keluarga besar civitas akademika di SMA Negeri 3 Jogja. Kegiatan PSTW ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati ulang tahun ke-74 Padmanaba.

“Kalau kegiatan PSTW seperti ini sudah rutin diadakan setiap tahun. Ini sudah even ke delapan,” jelas Reski.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya