Tutup Iklan

Padat, Kendaraan Mengular Hingga 2 Km di Tol dan Jalur Arteri Jombang

Jalur tol maupun arteri di Jombang, Jawa Timur, padat pada hari kedua Lebaran Idulfitri, Kamis (6/6/2019). Antrean kendaraan mencapai 2 kilometer bukan merupakan arus balik melainkan akibat meningkatnya volume kendaraan masyarakat yang bersilaturahmi.

Padat, Kendaraan Mengular Hingga 2 Km di Tol dan Jalur Arteri Jombang

SOLOPOS.COM - Kepadatan lalu lintas do tol wilayah Jombang. (Detikcom)

Solopos.com, JOMBANG -- Jalur tol maupun arteri di Jombang, Jawa Timur, padat pada hari kedua Lebaran Idulfitri, Kamis (6/6/2019).

Antrean kendaraan mencapai 2 kilometer bukan merupakan arus balik melainkan akibat meningkatnya volume kendaraan masyarakat yang bersilaturahmi.

Diberitakan detikcom mengutip Kasatlantas Polres Jombang AKP Inggal Widya Perdana, kepadatan terjadi di simpang Jombang-Nganjuk-Kediri (Bangjuri) atau Mengkreng. Menurut dia, antrean kendaraan dari arah Surabaya menuju ke Nganjuk dan Kediri mengular sampai exit tol Bandar, Kecamatan Bandar Kedungmulyo.

"Ekornya sampai exit tol Bandar, sekitar dua kilometer," kata Inggal saat dihubungi detikcom, Kamis (6/6/2019).

Sementara dari arah Kediri dan Nganjuk terjadi antrean tapi tak sampai mengular. Menurut Inggal, kepadatan kendaraan di jalur arteri Surabaya-Madiun ini bukan akibat arus balik.

"Kebanyakan kendaraan masyarakat lokal, seperti Surabaya, Jombang, Mojokerto, Malang, dan sekitarnya yang mau berlebaran ke rumah saudara mereka," terangnya.

Untuk mengurai kemacetan di titik ini, polisi bekerja sama dengan pengelola Astra Tol Jombang-Mojokerto dan Satuan PJR Polda Jatim untuk mengalihkan arus. Kendaraan yang akan keluar ke jalan nasional melalui exit tol Bandar, dialihkan ke Nganjuk. Upaya ini untuk mengurangi volume kendaraan di simpang Mengkreng.

"Kendaraan di tol dari arah Surabaya kami arahkan keluar di Nganjuk Kota. Yang mau ke Kediri bisa melalui Sukomoro," ujarnya.

Kepadatan siang ini juga terjadi di Jembatan Ploso. Di lokasi ini, selain volume kendaraan meningkat juga menjadi pertemuan arus lalu lintas dari arah Surabaya yang melalui jalur alternatif Gedeg-Ploso, dari arah Jombang kota, serta dari arah Lamongan dan sekitarnya. Menurut Inggal, antrean kendaraan dari ketiga arah mencapai 1-2 km.

"Kami lakukan pengalihan arus agar tak terjadi penumpukan di akses masuk Jembatan Ploso. Seperti dari arah Jombang kami arahkan ke kiri melalui RSUD Ploso," jelasnya.

Kepala Departemen Operasi I Astra Tol Jomo Tomy Rabyansah menuturkan antrean kendaraan di gerbang tol (GT) Bandar, Jombang, terjadi sejak pukul 10.00 WIB. Traffic kendaraan yang keluar di GT Bandar mencapai 800 unit per jam.

Sampai siang ini, kata dia, antrean kendaraan dari arah Surabaya di GT Bandar mencapai 1 kilometer. "Akibat dari kepadatan di simpang Mengkreng, kendaraan yang mau keluar tol tersendat. Kalau dari arah Kertosono ramai lancar," ungkapnya.

Untuk mengurai kepadatan di GT Bandar maupun simpang Mengkreng, Tomy mengatakan exit tol Bandar ditutup sejak pukul 13.00 WIB. Dengan begitu, kendaraan dari tol tak ada yang keluar ke jalur arteri Bandar Kedungmulyo dan simpang Mengkreng.

"Kendaraan dari arah Surabaya yang akan keluar di GT Bandar kami arahkan keluar di Nganjuk. Di sana sudah ada petugas yang mengarahkan," kata dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Lewat Online Shop Ini Anji Pesan Ganja, Tapi Jangan Coba-Coba Order

Ganja yang digunakan Anji dibeli dari AS melalui sebuah online shop. Ia menggunakan ID orang lain untuk bisa membelinya.

Gunung Merapi Pagi Ini: 2 Kali Luncurkan Awan Panas Guguran dan Lava Pijar sejauh 1,4 Km

Gunung Merapi pagi ini terpantau mengeluarkan dua kali awan panas guguran. Status erapi belum berubah, masih Siaga.

Nama Pati Rupanya Berasal dari Peleburan Tiga Kadipaten

Kisah ini diawali dari pelarian Dewi  Ruyung Wulan, putri dari Adipati Carangsaka yang dinikahkan paksa dengan Menak Jasari, putra dari Kadipaten Paranggaruda.

10 Berita Terpopuler : Saminisme Ajaran Asli Indonesia - Mahasiswi Terjun ke Sungai

Ulasan tentang ajaran saminisme hingga mahasiswi nekat terjun ke sungai dari jembatan masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Ada Pemberlakuan Aturan Baru Aktivitas Publik di Banyumas

Sejumlah langkah tegas disiapkan Pemkab Banyumas untuk membatasi aktivitas publik masyarakat selama pandemi Covid-19.

Anjlok Lagi, Berikut Harga Emas Pegadaian Hari Ini Jumat 18 Juni 2021

Harga emas batangan 24 karat di Pegadaian pada hari ini, Jumat (17/6/2021) kembali turun, baik untuk cetakan UBS maupun Antam.

Solopos Hari Ini: Tarik Rem Darurat

Solopos edisi Jumat (18/6/2021) mengulas soal lonjakan kasus Covid-19 yang harus diatasi pemerintah. Tingginya angka kasus harian Covid-19 bisa membuat fasilitas kesehatan kolaps.

Aplikasi Simpati Diluncurkan, Isinya Informasi Lengkap Soal Wisata Sragen

Aplikasi Simpati bisa diakses melalui laman simpati.sragenkab.go.id serta juga bisa diunduh di playstore dengan nama Sragen Tourism.

Belgia Lolos ke 16 Besar, Ini Klasemen Grup B Euro 2020

Hasil ini membuat Belgia lolos ke 16 besar sementara Denmark hampir pasti tersingkir di fase grup.

Uposotha Mandala Puja, Ritual Perenungan Diri Umat Buddha

Ritual ini bernama upacara Uposotha Mandala Puja yang diadakan setiap dua kali sebulan pada tanggal satu dan tanggal lima belas  bulan lunar penanggalan Jawa.

Tertular Cacar Langka dari Kucing, Wanita Ini Terancam Buta

Kasus cacar sapi pada manusia meskipun langka namun berpotensi ada kasus serupa di masa depan.

De Bruyne Jadi Pembeda Belgia

Dengan kemenangan ini, Belgia pun menjadi tim kedua setelah Italia yang memastikan diri lolos ke babak 16 besar Euro 2020.