SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SLEMAN—Pendapatan retribusi Kabupaten Sleman dari Stadion Maguwoharjo dinilai masih minim. Dalam satu tahun, kontribusi dari stadion megah kebanggaan Sleman ini ditargetkan hanya mencapai Rp350 juta. Padahal biaya perawatannya tembus Rp1,3 miliar.

Hal tersebut disampaikan Ketua Fraksi PPP DPRD Sleman, Farchan Hariem, saat penyampaian nota pengantar Raperda APBD 2012, Senin (14/11) di DPRD Sleman. Ia meminta agar Pemkab Sleman meningkatkan kontribusi PAD dari sektor tersebut. Pasalnya, jika biaya perawatan lebih besar dari retribusi yang masuk, ia khawatir hal tersebut akan menjadi beban Pemkab di tahun-tahun ke depan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Farchan menyarankan pengelolaan bisa dilimpahkan ke pihak swasta jika pemerintah tidak mampu sehingga pemanfaatan stadion senilai Rp80 miliar ini bisa maksimal. Ia juga menyinggung mengenai pemasangan lampu stadion yang tidak kunjung terealisasi.

“Kalau tidak mampu mengelola bisa diswastakan saja agar aset yang dimiliki lebih produktif,” imbuh Farchan.

Terpisah, Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah (DPKKD) Sleman, Samsidi menjelaskan, perawatan Stadion menjadi tanggung jawab Pemkab. Retribusi berapapun, pemerintah tetap mengeluarkan biaya operasional.

“Dipakai atau tidak tetap dipelihara karena stadion aset pemerintah. Jika dibandingkan perawatan dan retribusi selisihnya jauh tapi ini bukan rugi, biaya pemeliharaan harus dikeluarkan,” jelas Samsidi.

Biaya operasional lebih dari satu miliar ini meliputi untuk perawatan rumput. Perawatan fasilitas, perbaikan berbagai kerusakan seperti lantai, atap dan untuk menggaji cleaning service serta petugas keamanan yang berjumlah 38 orang.(Harian Jogja/Akhirul Anwar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya