Ilustrasi tenaga kesehatan. (Solopos/Whisnupaksa)

Madiunpos.com, PONOROGO -- Mewabahnya penyakit hepatitis A di sejumlah kecamatan di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, membuat Pemerintah Kabupaten Ponorogo pasang ancang-ancang untuk mengantisipasinya.

Secara geografis, Ponorogo bertetangga dengan Pacitan. Sebelumnya Pemkab Pacitan yang telah ditetapkan berstatus kejadian luar baisa (KLB) .

Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo terus melakukan koordinasi dengan puskesmas di wilayah perbatasan langsung dengan Kabupaten Pacitan, seperti di Kecamatan Ngrayun.

Kepala Dinkes Ponorogo, Rahayu Kusdarini, mengatakan pihaknya meminta puskesmas meningkatkan kewaspadaan bila ada pasien mengalami hepatitis A.

Rahayu juga menginstruksikan kepada puskesmas untuk rutin melaporkan kejadian penyakit yang diderita masyarakat. Sehingga saat ada penyakit yang berbahaya dan mewabah bisa segera diantisipasi.

“Tak cukup itu kami juga lakukan penyuluhan kepada masyarakat, agar lebih menjaga kebersihan terutama makanan,” kata dia yang dikutip Madiunpos.com dari siaran pers Pemkab Ponorogo, Senin (1/7/2019).

Lebih lanjut, dia meminta kepada masyarakat untuk lebih menjaga kebersihan dan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) supaya masyarakat aman dari penyakir hepatitis A. Dia mencontohkan seperti mencuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah beraktivitas. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten