SOLOPOS.COM - ilustrasi gempa bumi (Solopos/JIBI/Dok.)

Solopos.com, PACITAN -- Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, diguncang gempa bumi pada Minggu (27/10/2019) sore. Tercatat empat kali gempa bumi mengguncang Pacitan dalam tempo sekitar dua jam.

Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa bumi pertama terjadi pada pukul 14.42 WIB dengan kekuatan 4,8 SR.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pusat gempa berada 106 km tenggara Pacitan dengan kedalaman 10 km. Pada pukul 15.07 WIB, gempa bumi kembali mengguncang Pacitan dengan kekuatan 3,0 SR.

Lagi! Iphone Meledak Tewaskan Penggunanya

Sepuluh menit kemudian, tepatnya pukul 15.16 WIB, gempa bumi kembali terjadi di Pacitan dengan kekuatan 3,7 SR. Selanjutnya pada pukul 15.40 WIB, Pacitan kembali diguncang gempa bumi dengan kekuatan 3,5 SR.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan, Didik Alih Wibowo, mengatakan sore ini ada empat guncangan gempa bumi yang terjadi di Pacitan. Paling tinggi guncangan terjadi dengan kekuatan 4,8 SR.

Terminal Tirtonadi Solo Bakal Dilengkapi Mal dan Hotel 5 Lantai

Dia menuturkan sejauh ini tidak ada laporan kerusakan baik rumah maupun gedung pemerintahan. "Tidak ada laporan kerusakan," kata dia, Minggu.

Didik mengimbau masyarakat tenang menanggapi kejadian gempa bumi ini. Dia memastikan guncangan gempa bumi ini tidak menimbulkan tsunami.

"Ini tidak berpotensi tsunami. Karena kekuatannya kan di bawah 5 SR," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya