SOLOPOS.COM - Pelet dibutuhkan sebagai pakan lele (DOK)

Pelet dibutuhkan sebagai pakan lele (DOK)

GUNUNGKIDUL—Minimnya hasil tangkapan membuat sejumlah nelayan di Pantai Sadeng “alih profesi”. Kini mereka membuat pelet ikan untuk dijual ke warung di sekitaran pantai.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Camat Girisubo, Susila Marwanta mengatakan, para nelayan sebelumnya telah mendapatkan pelatihan membuat pelet dari Kementrian Perikananan dan Kelautan Pusat. Adapun bahan baku pelet berasal dari limbah ikan yang ada disekitar pantai Sadeng.

“Jadi ikan-ikan yang mati itu kemudian diolah untuk dijadikan pelet dan dijual ke sejumlah warung di sekitaran pantai Girisubo,” katanya kepada Harian Jogja, Kamis, (14/3).

Susilo mengatakan, di sekitar Pantai Sadeng khususnya di wilayah Desa Songbanyu, sebagian besar penduduknya beternak ikan lele. Selama ini mereka sering membeli pakan ikan ke kecamatan Wonosari.

“Sekarang ini banyak nelayan yang sudah membuat pelet sendiri dan dijual ke warung. Sehingga petani tidak perlu jauh-jauh ke Wonosari,” ujarnya.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya