SOLOPOS.COM - Bupati Rembang Abdul Hafidz (kedua dari kanan) dan Dirut Semen Gresik Mukhammad Saifudin (kanan) melakukan peletakan batu pertama pembangunan sarana air bersih di Rembang, Jateng, Selasa (13/2/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Istimewa-Semen Indonesia)

Semen Gresik yang mengekplorasi karst Pegunungan Kendeng membangunkan sarana air bersih bagi warga Rembang, eks Keresidenan Pati, Jateng.

Semarangpos.com, SEMARANG — PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. melalui anak usahanya, PT Semen Gresik, yang mengekplorasi karst Pegunungan Kendeng membangunkan sarana air bersih bagi masyarakat di sekitar pabriknya, di Kabupaten Rembang, eks Keresidenan Pati, Jawa Tengah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Bantuan fasilitas yang kami bangun ada di tiga desa, yakni Desa Kajar, Timbrangan, dan Ngampel,” kata Direktur Utama PT Semen Gresik saat peletakan batu pertama bantuan fasilitas air bersih di Rembang, Jateng, Selasa (13/2/2018).

Ia menjelaskan bantuan fasilitas air bersih yang diberikan berupa pompa air, pipanisasi, dan bak tandon air untuk membantu penyediaan air bersih bagi penduduk di tiga desa tersebut. Menurut dia, jumlah penduduk di tiga desa itu sekitar 600 kepala keluarga atau 1.800 jiwa yang diharapkan bisa sangat terbantu dalam penyediaan air bersih dengan bantuan fasilitas tersebut.

“Pengerjaannya dimulai hari ini dan ditargetkan rampung dalam 45 hari ke depan. Airnya berasal dari sumber air yang sudah ada di Desa Kajar dan Ngampel, sedangkan di Desa Timbrangan dari sumur bor warga,” katanya.

Melalui bantuan infrastruktur air bersih, kata dia, diharapkan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar Pabrik Semen Rembang, utamanya untuk penyediaan pelayanan dasar air bersih. “Dengan ketersediaan air bersih, tercipta peningkatan kualitas kesehatan, meningkatkan budaya bersih di masyarakat, dan tentunya mengembangkan sanitasi lingkungan,” katanya.

Untuk mewujudkan sarana air bersih dan sanitasi yang berkesinambungan, lanjut dia, tentunya membutuhkan pengelolaan sarana, mengoperasikan, dan memelihara fasilitas tersebut secara baik. “Makanya, nantinya pengelolaan sarana air bersih tersebut akan kami serahkan kepada masyarakat melalui badan usaha milik desa [BUM-Des] yang sudah terbentuk untuk pemerataan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Bupati Rembang Abdul Hafidz mengapresiasi bantuan yang diberikan Semen Indonesia yang membuktikan komitmennya untuk mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Pemerintah Kabupaten Rembang menyadari bahwa angka kemiskinan di Kabupaten Rembang cukup tinggi. Dengan adanya perusahaan diharapkan dapat menggerakkan potensi ekonomi dan mengurangi kemiskinan,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya