Pabrik Gula Swasta Diajak Dukung Swasembada Gula

Pabrik gula swasta di Kabupaten Pati, Jawa Tengah diajak mendukung upaya pemerintah mewujudkan target swasembada gula nasional pada tahun 2019. Untuk melakukan akselerasi peningkatan produksi gula diperlukan antisipasi iklim, efisiensi, perhatian pada limbah serta kerja sama dengan berbagai pihak, baik petani, pabrik gula maupun dengan pemerintah.

Pabrik Gula Swasta Diajak Dukung Swasembada Gula

SOLOPOS.COM - Wakil Bupati Pati Saiful Arifin menyampaikan sambutan pada selamatan giling Pabrik Gula Trangkil tahun 2019 di Kecamatan Trangkil, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Sabtu (6/4/2019). (Antara-Istimewa)

Solopos.com, PATI — Pabrik gula swasta di Kabupaten Pati, Jawa Tengah diajak mendukung upaya pemerintah mewujudkan target swasembada gula nasional pada tahun 2019.

"Mudah-mudahan semua pihak berkomitmen dalam upaya pencapaian swasembada gula nasional tahun 2019 melalui program akselerasi peningkatan produksi gula", ujar Wakil Bupati Pati, Saiful Arifin, saat menghadiri Selamatan Giling Pabrik Gula Trangkil Tahun 2019 di Pati, Sabtu (6/4/2019).

Untuk melakukan akselerasi peningkatan produksi gula, kata dia, diperlukan antisipasi iklim, efisiensi, perhatian pada limbah serta kerja sama dengan berbagai pihak, baik petani, pabrik gula maupun dengan pemerintah. Ia juga mengingatkan agar kesejahteraan petani juga diperhatikan.

Berdasarkan perkembangan PG Trangkil dan hasil evaluasi musim giling tahun 2018, dia menilai kondisinya sudah cukup baik. Pada kesempatan tersebut, dia mengajak, semua pihak yang terkait dengan produksi gula untuk mengembangkan sikap yang lebih terbuka dan lebih memiliki komitmen kuat sehingga sektor pertebuan dan pergulaan dapat terus eksis dalam mendukung perekonomian daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Ini merupakan tantangan bersama untuk mewujudkan, mempertahankan dan meningkatkan pergulaan Indonesia agar tidak kalah bersaing dengan gula impor," ujarnya sebagaimana dipublikasikan Kantor Berita Antara, Minggu (7/4/2019).

Ia berharap pemerintah meninjau kembali kebijakan gula impor dan merevisi regulasi tentang pergulaan agar lebih berpihak pada pergulaan nasional, bukan pada gula impor. "Kami juga turut berdoa agar musim giling tahun ini dapat berjalan dengan baik, lancar, aman dan sukses serta memberikan manfaat pada keluarga besar PG Trangkil khususnya dan masyarakat Pati pada umumnya," ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

54 Perusahaan di Jateng Diadukan Soal THR, Banyak di Solo & Semarang

Perusahaan yang diadukan itu mayoritas berjenis padat karya di bidang garmen atau tekstil.

Tak Pakai Masker Hingga Uyel-Uyelan, Banyak Warga Abai Prokes Di Pasar & Mal Sukoharjo

Petugas patroli Satpol PP Sukoharjo menemukan masih banyak masyarakat yang abai prokes saat berbelanja di mal maupun pasar tradisional.

Wali Kota Solo Abaikan Kebijakan Pusat, Dishub Jateng Tutup Mulut...

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengabaikan larangan mudik lokal atau mudik sesuai pemerintah pusat dan Dishub Jateng.

Terpaksa Mudik? Ini Syarat dan Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Covid-19

Pelaku perjalanan yang dikhususkan bagi yang dikecualikan harus memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SKIM) dan Surat Bebas Covid-19 dengan menggunakan tes PCR atau Rapid Test Antigen maupun GeNose C19.

IDI Pusat Apresiasi Produk Eucalyptus Peneliti Kementan

Hasil penelitian Eucalyptus yang dilakukan sangat luar biasa dan berkembang dengan sangat baik.

Viral Pria Ngeyel Pakai Kursi Roda di Tengah Jalan Widuran Solo, Bisa Picu Kecelakaan Maut

Pria pengguna kursi roda di Solo ini membuat pengguna jalan lain cemas. Dia kerap berada di tengah jalan dan memicu kecelakaan maut.

Bupati Karanganyar: Takbiran Keliling Dilarang, Takbiran di Masjid Saja

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, melarang takbiran keliling. Sebagai gantinya takbiran hanya boleh dilakukan di dalam masjid dan musala.

Dinkopnaker Boyolali Klaim Masalah THR Pan Brothers Sudah Tuntas

Dinkopnaker Boyolali mengklaim masalah pembayaran THR yang diprotes karyawan PT Pan Brothers sudah selesai melalui kesepakatan bersama.

Seorang Anggota DPRD Grobogan Ditangkap Polisi Gegara Ganja

Pengakuan tersangka menggunakan barang haram tersebut karena selama ini mengalami gangguan sulit tidur.

Wanita Solo yang Kembalikan Uang Rp20 Juta ke Pemilik Dipuji Ustaz Yusuf Mansur

Wanita asal Solo ini dapatkan pujian dari Ustaz Yusuf Mansur karena mengembalikan uang puluhan juta yang hilang

Kisah 11 Pemudik Ngumpet di Mobil, Ketahuan Polisi di Bekasi

Kanit Turjawali Polres Metro Bekasi, Iptu Supanta, mengatakan minibus itu hendak mudik ke Cilacap, Jawa Tengah.

Hari Kedua Pelarangan Mudik, Angkutan Barang Dominasi Tol Sragen

Sejumlah kendaraan pribadi dari luar Jawa Tengah terjaring penyekatan di Jembatan Timbang Sambungmacan pada Jumat pagi.