Tutup Iklan

Pabrik Garam di Jepara Diwacanakan DPR

Pabrik Garam di Jepara Diwacanakan DPR

SOLOPOS.COM - Panen garam di area pertanian garam Desa Kedungmalang, Jepara, Jateng, Kamis (20/7/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Yusuf Nugroho)

Pabrik Garam di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Jateng) diwacanakan kalangan DPR.

Solopos.com, JEPARA — Anggota Komisi VII DPR Daryatmo Mardiyanto mengusulkan pembangunan pabrik garam di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Jateng). Keberadaan pabrik garam di Jepara itu diwacanakan agar petambak garam setempat mudah menjual garam hasil produksi mereka.

"Setidaknya, ketika tersedia pabrik garam bisa menyerap garam yang dihasilkan petambak garam secara maksimal dengan harga yang tidak merugikan petani," ujarnya di Kudus, Jawa Tengah, Rabu (21/2/2018).

Selain itu, lanjut dia, petani tidak perlu menjual garam hasil produksinya di tempat yang terlalu jauh, sehingga bisa mendongkrak harga jual garam karena pembeli tidak bisa beralasan biaya transportasi. Hal terpenting, lanjut dia, ketika musim panen setidaknya petani tidak perlu lagi kesulitan menjual garam karena pabrik garam tersebut juga bisa membelinya karena tersedia gudang dengan daya tampung yang cukup besar.

"Harga garamnya tentu diupayakan tidak merugikan petani garam karena pabrik garam tersebut nantinya dikelola oleh perusahaan daerah," ujarnya.

Untuk bahan baku garamnya, kata dia, nantinya tidak hanya dari Jepara, melainkan bisa pula diambilkan dari Kabupaten Demak yang lokasinya juga tidak terlalu jauh. Pembangunan pabrik garam tersebut, kata dia, bisa dikerjasamakan dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

BPPT, lanjut dia, yang akan membuatkan desain pabriknya, sedangkan investasi bisa diserahkan kepada Badan Usaha Milik Jawa Tengah. Hal demikian, kata dia, juga telah berlangsung di Kabupaten Pati yang dalam waktu dekat akan dilakukan peletakan batu pertama. Nilai investasinya, kata dia, berkisar Rp86 miliar, sedangkan kapasitas produksinya nanti dalam setahun bisa mencapai 60.000 ton.

Dalam waktu dekat ada peletakan batu pertama di Kabupaten Pati, dia berharap, pejabat dari BPPT bersedia melakukan survei di Kabupaten Jepara guna mengetahui peluang dibangunnya pabrik garam di daeah setempat. Pabrik garam yang akan dibangun di Kabupaten Pati rencananya di Desa Raci, Kecamatan Batangan.

Sementara luas lahan yang disediakan oleh pemerintah desa setempat seluas 700 ha dan desa tetangga juga siap mendukung penyediaan lahan tambahan. Pabrik garam tersebut diharapkan bisa membantu memenuhi kebutuhan garam industri nasional yang mencapai 2 juta ton.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Islam Aboge, Akulturasi Dakwah dengan Muatan Budaya Lokal

Islam Jawa atau yang dikenal dengan Islam Kejawen sejak lama telah dikenal sebagai akomodatif dengan muatan budaya lokal.

Kades dan Carik Tenggak Sragen Positif Covid-19, Balai Desa Tetap Buka

Kepala Desa atau Kades Tenggak, Kecamatan Sidoharjo, Sragen, Setyanto, terkonfirmasi positif Covid-19 dengan status tanpa gejala. Ia harus menjalani isolasi mandiri.

Vaksin Ampuh, 90% Nakes di Kudus yang Terpapar Covid-19 Sembuh

90% Tenaga kesehatan (nakes) di Kudus yang sempat terpapar Covid-19 akibat menangani pasien berangsur pulih, mereka sebelumnya sudah menjalani vaksinasi.

Stripe Baru Bikin Tampilan Honda New CB150 Verza Makin Segar

Honda New CB150 Verza dapat sentuhan terkini oleh PT Astra Honda Motor (AHM) berupa stripe baru untuk menonjolkan kesan gagah.

Jadwal Euro 2020 Malam Ini, Inggris Vs Skotlandia Main Pukul 02.00 WIB

Inggris dan Skotlandia acapkali disebut punya rivalitas tertua di dunia, keduanya melakoni duel pertama pada 30 November 1872.

Underpass Makamhaji Sukoharjo Rawan Kecelakaan, Banyak Pengemudi Tak Melihat Beton Pembatas Jalan

Kecelakaan lalu lintas kerap kali terjadi di area Underpass Makamhaji, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Terbaru, mobil menabrak beton pembatas jalan.

Waduh! Kasus Covid-19 Naik Tajam, Mungkinkah RI Susul India?

Meski kasus Covid-19 naik tajam, sayangnya masih saja ada warga RI yang abai akan protokol kesehatan.

Gara-Gara Covid-19 Meningkat, 1 Gang di Selokaton Karanganyar Lockdown

Lockdown diberlakukan di salah satu gang perkampungan di Ngangkruk, Selokaton, akibat kasus Covid-19 cukup tinggi. 

Ribuan Petak Keramba Ikan di Rawa Jombor Klaten Terancam Digusur

Ribuan petak keramba ikan jaring apung yang berada di kawasan Rawa Jombor Klaten terancam digusur proyek revitalisasi.

Zonasi, Akselerasi Pendidikan yang Berefek Samping Buruk

Siswa dan ortu tidak bisa memilih sekolah favorit lewat jalur zonasi, sekolah pun tidak bisa mengharapkan siswa dengan kriteria tertentu.

Jasad Cucu Kadus Mlese Klaten Ditemukan, Hanyut 3,5 Km di Sungai Trucuk

Jasad LAA, 2,  cucu Kadus Mlese, Cawas, Klaten, yang hanyut di Sungai Trucuk ditemukan berjarak 3,5 km dari rumahnya, Jumat (18/6/2021).

Diduga Tertular Istri, Ketua DPRD Bantul Positif Covid-19

Ketua DPRD Bantul, Hanung Raharjo, menjalani isolasi mandiri bersama keluarga setelah dinyatakan positif Covid-19.