Tutup Iklan
Mobil Esemka Bima berjajar di PT Solo Manufaktur Kreasi, Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019). (Solopos-M. Ferri Setiawan)

Solopos.com, BOYOLALI -- PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, diresmikan Jumat (6/9/2019). Peresmian ini juga menandai di-launchingnya produk mobil dalam negeri, Bima.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba sekitar pukul 10.30 WIB di pabrik mobil Esemka tersebut. Selain itu ada pula Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri ESDM Ignasius Jonan, dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Pantauan Solopos.com di lokasi, tampak seratusan mobil Bima jenis pikap terparkir di dalam pabrik. Saat tiba, Presiden Jokowi langsung meninjau mobil-mobil tersebut.

Sementara itu, ditemui sebelum acara berlangsung Budi Karya Sumadi menyebutkan Bima bakal diproduksi secara massal dengan prioritas untuk angkutan perdesaan. "Sementara untuk jumlahnya kami belum tahu," ujar dia.

Ditanya soal harga, Budi menyebut satu unit mobil Bima bisa dijual pada kisaran Rp110 juta. "Posisi kita memang di perdesaan namun tidak menutup kemungkinan untuk menjangkau mobil listrik," imbuh Menhub.

Sementara itu, Airlangga Hartarto menyebutkan lebih dari 60 persen mobil merupakan garapan lokal. Saat ini sudah ada 300-an tenaga kerja lokal yang berasal dari Solo, Boyolali, dan sekitarnya direkrut. sebagian besar merupakan lulusan SMK serta akademi teknik mesin. 

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten