SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, KULONPROGO-Sebuah pabrik arang briket yang berlokasi di Dusun Ploso, Desa Banguncipto, Kecamatan Sentolo dilalap si jago merah, Senin (29/9/2019) pagi.

Tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini, namun kebakaran meluluhlantakkan ruang supervisor. Diduga api berasal dari percikan api dari cerobong tempat produksi yang mengenai atap ruangan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 03.30 WIB itu pertama kali diketahui Muhtar, 29, satpam pabrik. Ia melihat asap tebal mengepul dari ruang supervisor. Setelah memastikan ruangan itu terbakar, ia segera memanggil pemadam kebakaran.

Ekspedisi Mudik 2024

Tiga unit mobil pemadam kebakaran datang satu jam kemudian. Proses pemadaman membutuhkan waktu lama karena api membesar dan menjalar ke sudut ruangan. Api dapat dipadamkan sekitar pukul 07.00 WIB.

Muhtar menuturkan percikan api berasal dari oven yang berada di tempat produksi. “Percikan api mengenai eternit ruangan supervisor yang kebetulan juga banyak serbuk kayu, sehingga eternit ambrol dan api masuk ke dalam ruangan,” ujarnya.

Diungkapkanya, peristiwa kebakaran juga pernah terjadi sekitar satu tahun lalu, akan tetapi tidak sebesar kejadian saat ini. Biasanya, kata Muhtar, bisa diatasi sendiri dan tidak perlu memanggil petugas pemadam kebakaran.

Jawa, mantan karyawan pabrik sekaligus warga sekitar, membenarkan, kejadian kebakaran kecil sering terjadi namun selalu bisa diatasi.

“Kebakaran kecil biasa saja karena pabrik ini juga produksinya berhubungan dengan api, jadi selalu bisa diatasi kalau ada kejadian kecil, baru ini yang paling besar,” terangnya.

Ia menambahkan, pabrik arang briket sudah beroperasi sejak 1992 dan hasil produksinya diekspor ke Arab Saudi dan Turki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya