SOLOPOS.COM - Seorang pengemudi mobil diperiksa anggota Satlantas Polres Wonogiri dalam Operasi Zebra Candi (OZC) 2012 karena melanggar lalu lintas di Perempatan Ponten, Wonogiri, Rabu (28/11/2012). (Andi Sumarsono/JIBI/SOLOPOS)


Seorang pengemudi mobil diperiksa anggota Satlantas Polres Wonogiri dalam Operasi Zebra Candi (OZC) 2012 karena melanggar lalu lintas di Perempatan Ponten, Wonogiri, Rabu (28/11/2012). (Andi Sumarsono/JIBI/SOLOPOS)

WONOGIRI--Sebanyak 53 anggota Satlantas Polres Wonogiri memulai Operasi Zebra Candi (OZC) 2012 dengan titik pusat di wilayah Kecamatan Wonogiri, Rabu (28/11/2012).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hari pertama OZC 2012 itu dipusatkan di beberapa titik meliputi Perempatan Ponten, Taman Ekodayawilaga Agraria dan beberapa jalan utama menuju  Kecamatan Wonogiri.

Kanit Patroli Satlantas Polres Wonogiri, Ipda Broto, mengatakan OZC berfokus pada kendaraan yang tidak lengkap.  “Kendaraan yang tidak lengkap, melebihi muatan dan kendaraan yang melanggar lalu-lintas,” jelasnya saat ditemui wartawan di perempatan Ponten, Wonogiri, Rabu (28/11/2012).

Kasatlantas Polres Wonogiri, AKP Sugiyatmo, mengatakan  53 anggotanya tersebar di Kecamatan Wonogiri. Menurutnya, tahap awal ini masih fokus di wilayah perkotaan. Hal itu dilakukan karena jumlah korban meninggal akibat kecelakaan tinggi terjadi di wilayah perkotaan khusunya Kecamatan Wonogiri.

Dia menjelaskan OZC 2012 akan dilakukan di 25 kecamatan. “Semua wilayah akan kami tertibkan untuk mengurangi jumlah korban kecelakaan, tetapi semuanya dilakukan bertahap hingga 11 Desember nanti,” jelasnya saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Rabu.

Dia menuturkan tahun lalu jumlah korban meninggal akibat kecelakaan sebanyak 72 orang. Sementara tahun ini sampai akhir Oktober jumlahnya meningkat sampai 93 orang tewas. Dari data tersebut, sebanyak 70% korban meninggal akibat  kecelakaan didominasi pengendara sepeda motor. Angka kejadian, kata dia, kecelakaan tahun ini sudah mencapai 457 kejadian.

Menurutnya, tujuan utama operasi ini untuk mengurangi jumlah korban meninggal akibat kecelakaan, mencegah angka kejadian kecelakaan, mengantisipasi maraknya pencurian kendaraan, pencegahan distribusi narkoba dan pencegahan terorisme.

Sementara Kapolres Wonogiri, AKBP Ni Ketut Swastika, mengatakan OZC 2012 digencarkan karena mendekati waktu-waktu rawan. “Sebentar lagi Natal dan tahun baru tiba, saya harapkan semua kendaraan di Wonogiri tertib,” jelasnya saat dihubungi Solopos.com, Rabu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya