SOLOPOS.COM - Pekerja bekerja di proyek jembatan lama Nambangan, Selogiri, Wonogiri, Minggu (4/10/2020). Proyek pembongkaran konstruksi dimulai Jumat pekan lalu. (Solopos/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI – Jembatan Nambangan di Selogiri, Wonogiri, dibongkar. Padahal jembatan penghubung Nambangan-Nguter, Sukoharjo itu dinilai masih layak pakai.

Jembatan tersebut diganti dengan struktur baru, tahun ini, karena faktor aksesilibitas transportasi. Lantas, apa penyebab jembatan itu diganti?

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Wonogiri, Didik Sudarmaji, mengatakan jembatan diganti karena terlalu sempit. Jembatan itu tidak memadai untuk lalu lintas kendaraan roda empat dari dua arah secara bersamaan.

Lempar Batu Hingga Bakul Sate Dipukuli, Inilah 5 Fakta Bentrokan di Pasar Pedan Klaten

Mobil dari dua arah yang akan melintas harus ada yang mengalah agar tidak terjebak di tengah jembatan. Pasalnya, lebar jalan jembatan tidak memungkinkan untuk simpangan mobil dari dua arah dalam waktu bersamaan.

“Jembatan tidak bisa buat simpangan mobil dari dua arah, karena lebar jalan hanya 3 meter. Menurut warga sering ada mobil terjebak di tengah jembatan karena tidak ada yang mau mengalah. Akibatnya pengemudi cekcok mulut. Warga sering menyaksikan kejadian itu,” kata Didik saat dihubungi Solopos.com, Minggu (4/10/2020).

Dia menjelaskan, dahulu pihak terkait membangun jembatan lama Nambangan pada 2005 sama dengan ukuran konstruksi jembatan sebelumnya. Pasalnya, saat itu jembatan tidak digunakan untuk lalu lintas mobil mengingat jembatan itu merupakan jalan alternatif.

Inilah Wujud Ular Bandotan yang Gigit Tangan Warga Sumberlawang Sragen hingga Melepuh & Menghitam

Pembongkaran

Seiring perkembangan zaman jembatan dilewati mobil, padahal lebar jalan sempit. Kemudian warga menyampaikan aspirasi agar jembatan dengan jembatan baru yang lebih lebar.

Proyek pembongkaran dan penggantian jembatan lama Nambangan dimulai Jumat (2/10/2020) lalu. Pekerja membongkar struktur jembatan bagian alas jalan menggunakan alat berat seperti ekskavator.

Pekerja lainnya mengambil lempeng besi yang sudah terangkat. Aktivitas itu menjadi tontonan warga sekitar, baik warga di sisi Nguter maupun di sisi Nambangan.

Covid-19 Soloraya: Ini 3 Klaster Kuliner yang Bikin Heboh

Warga sekitar menginformasikan, jembatan yang berangka baja Australia dengan bentang 105 meter dan lebar 4 meter termasuk trotoar (lebar efektif 3 meter) itu sebenarnya dalam kondisi baik.

Jembatan lama Nambangan selesai dibangun Desember 2005 oleh Pemprov Jawa Tengah. Informasi itu tertulis di plakat yang terdapat di buk jembatan.

Artinya, jembatan yang juga dinamai jembatan Nguter lama itu kini berusia hampir 15 tahun. Menurut data yang diperoleh dari sejumlah sumber menyebut usia jembatan standar minimal 50 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya