SOLOPOS.COM - Kondisi bekas lokasi overpass Jl DI Pandjaitan, Solo, yang telah dibongkar pada Jumat (3/12/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo berharap pembangunan overpass di Jl DI Pandjaitan selesai sebelum pembangunan elevated rail atau rel layang dan perbaikan viaduk Gilingan dimulai. Hal itu berkaitan dengan antisipasi pengalihan arus lalu lintas saat dua proyek itu berjalan.

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Solo, Ari Wibowo, mengatakan secara umum pembukaan Jl DI Pandjaitan akan menyesuaikan perkembangan pembangunan overpass di jalan tersebut. Ia akan terus berkoordinasi dengan pelaksana proyek peninggian overpass tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: On The Track, Hujan Tak Ganggu Pembangunan Overpass DI Pandjaitan Solo

Namun ia berharap overpass Jl DI Pandjaitan Solo bisa segera selesai dan jalan bisa kembali dibuka. “Untuk Jl DI Pandjaitan, kapan dibukanya kami mengikuti dari pihak pelaksana. Kami berharap segera bisa dibuka saja, sebagai antisipasi dua kegiatan pembangunan elevated rail dan perbaikan viaduk Gilingan,” katanya saat wawancara dengan Solopos.com, Selasa (18/1/2022).

Jika proyek peninggian overpass di Jl DI Pandjaitan Solo tersebut bisa selesai dan dua kegiatan yang lain membutuhkan pengalihan arus, Jl DI Pandjaitan sudah bisa menjadi alternatif pengalihannya.

Baca Juga: Peninggian Overpass DI Pandjaitan Solo, Pekerja Mulai Garap Abutment

Sementara itu, PPK Kegiatan Pengembangan Perkeretaapian Jawa Bagian Tengah Area III, Albertus Dito, mengatakan secara keseluruhan direncanakan pembangunan overpass sudah mulai memasuki tahap finishing pada Maret nanti.

Ia mengatakan pada pekan kedua Februari proyek itu sudah memasuki tahap pengerjaan pelat injak jembatan. “Target di bulan Maret nanti tinggal finishing, selesai kemungkinan akhir maret. Minggu [pekan] keempat Maret sudah mulai finishing,” jelasnya.

Baca Juga: Overpass DI Pandjaitan Solo Ternyata Sudah Berusia Ratusan Tahun Lho

Seperti diiketahui sesuai rencana awal proyek pembangunan overpass akan berjalan selama enam bulan. Pekerjaan dimulai pada Kamis (18/11/2021) lalu. Selama proses pembangunan, Jl DI Pandjaitan ditutup total.

Kendaraan dari simpang Ngemplak maupun yang dari simpang lima patung Mayor Achmadi yang mau melintas Jl DI Pandjaitan dialihkan ke jalan-jalan di sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya