SOLOPOS.COM - Komandan Kodim 0723/Klaten, Letkol Inf. Joni Eko Prasetyo, menyerahkan hasil kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III di Desa Ketitang Juwiring dan Karya Bhakti Mandiri Klaten Bersinar (KMKB) X di Desa Burikan, Kecamatan Cawas ditutup, Kamis (14/10/2021). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III di Desa Ketitang Juwiring dan Karya Bhakti Mandiri Klaten Bersinar (KMKB) X di Desa Burikan, Kecamatan Cawas, Klaten, ditutup, Kamis (14/10/2021).

Pasiter Kodim 0723/Klaten, Lettu (Arh) Warsono, mengatakan sasaran pokok pada kegiatan TMMD yakni betonisasi jalan dan rehab rumah ibadah. Kegiatan betonisasi jalan awalnya ditargetkan sepanjang 900 meter, lebar 3 meter, dan tebal 12 sentimeter. Selama sebulan TMMD bergulir, panjang jalan yang dibetonisasi 200 meter lebih panjang dari target.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sementara, sasaran pokok kegiatan KBMKB yakni betonisasi jalan, pembangunan talut, dan rehab rumah ibadah. Dari kegiatan itu, panjang talut yang dibangun melebihi target dengan kelebihan sepanjang 150 meter. Sementara, target semula talut yang dibangun sepanjang 1.100 meter.

“Jumlah personel yang terlibat setiap hari ada 100 orang gabungan dari unsur TNI/Polri dan masyarakat setempat,” kata Warsono dalam laporannya.

Baca Juga: Kisah Stik Sukun Pertama di Klaten, Pernah Tembus ke Taiwan & Australia

Komandan Kodim (Dandim) 0723/Klaten, Letkol (Inf) Joni Eko Prasetyo, mengatakan target kegiatan fisik TMMD dan KBMKB terlampaui. “Bahkan di kegiatan TMMD melebihi dari target sebelumnya. Panjang betonisasi jalan yang sebelumnya sekitar 900 meter bisa diselesaikan lebih dari 1.000 meter,” jelas dia.

Dandim juga menuturkan pada 2022 bakal ada kegiatan TMMD reguler 2022 dengan target dan jumlah personel yang terlibat lebih banyak dibandingkan TMMD sengkuyung. Rencananya, TMMD reguler dilakukan di Kecamatan Cawas.

“Saat ini baru ditinjau dan lokasi baru dibahas. Tetapi, untuk lokasi awal di Kecamatan Cawas,” kata dia.

Baca Juga: Kapolres Klaten Bantu Bocah Asal Sidowayah yang Kehilangan Penglihatan

Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jaka Sawaldi, mengatakan kegiatan TMMD ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan warga terutama memperlancar akses ekonomi. “Kerja sama yang baik ini harus terus dilakukan. Tahun depan, TMMD reguler digelar pada triwulan pertama 2022,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya