Outlet Pemasaran Olahan Ikan Solo Diberi Nama Es Poconk

Outlet Pemasaran Olahan Ikan Solo Diberi Nama Es Poconk

SOLOPOS.COM - Outlet Pemasaran Produk Olahan Hasil Perikanan bernama Es Poconk di Balekambang. (Shoqib Angriawan/JIBI/Solopos)

Outlet Pemasaran olahan ikan 8 Desember 2017 diresmikan.

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo meluncurkan Outlet Pemasaran Produk Olahan Hasil Perikanan di Balekambang, Jumat (8/12/2017) besok. Kehadiran outlet yang diberi nama Es Poconk diharapkan meningkatkan konsumsi ikan masyarakat.

Kepala UPTD Aneka Usaha Pertanian Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Solo, Yulizar, mengatakan outlet pemasaran olahan ikan merupakan wadah menampung hasil olahan ikan, baik berwujud makanan kering maupun basah.

“Outlet tersebut sekaligus untuk menggencarkan program gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan),” katanya saat dihubungi Solopos.com, Kamis (7/12/2017).

Dia mengaku konsumsi ikan di Solo masih sangat rendah. Tercatat pada 2017 ini konsumsi ikan hanya 18 kg per kapita per tahun. Angka tersebut sangat rendah dibandingkan rata-rata konsumsi ikan di tingkat Nasional.

“Dengan outlet ini kami harapkan konsumsi ikan di masyarakat tentunya bisa terdongkrak,” katanya.

Outlet Pemasaran Olahan Perikanan tersebut dibranding dengan nama Es Poconk. Tempat makan yang beralamat di Jl Balekambang No. 5 ini akan menyajikan bermacam makanan berbahan dasar produk perikanan, seperti rumput laut, agar-agar, dan aneka macam olahan ikan beku, seperti sosis udang, sosis tuna, otak-otak tuna, hingga nugget ikan.

Sesuai dengan program dari Pemkot Solo, Wongsosubali (Wong Solo Sueneng Lawuh Iwak), makanan memang dibuat kekinian agar lebih menarik minat masyarakat dalam mengonsumsi ikan.

Strategis

Sementara, lokasi outlet dipilih karena sangat strategis berdekatan dengan pintu masuk Taman Balekambang. Es Poconk dibangun dua lantai.

Lantai I untuk outlet snack dan resto, dan lantai II untuk ruang pertemuan yang bisa digunakan untuk seminar, rapat, arisan, ulang tahun, hingga nonton bareng.

Pada halaman belakang juga disediakan area edukasi perikanan yang bisa dimanfaatkan untuk acara outing class maupun outbond. Rencananya, peluncuran dihadiri langsung oleh Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo besok, Jumat (8/12/2017) pukul 07.00 WIB.

Pengelola Es Poconk, Sita Damayanti, menambahkan dalam peluncuran itu juga mengundang UMKM Soloraya. Dia juga ingin agar lokasi tersebut menjadi ramai dan menjadi salah satu outlet oleh-oleh khas Kota Solo.

“Kami menggandeng UMKM dari Koseka (Koperasi Setia Kawan), RKB, PLUT dan ASPARTAN,” jelasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

IDI Pusat Apresiasi Produk Eucalyptus Peneliti Kementan

Hasil penelitian Eucalyptus yang dilakukan sangat luar biasa dan berkembang dengan sangat baik.

Viral Pria Ngeyel Pakai Kursi Roda di Tengah Jalan Widuran Solo, Bisa Picu Kecelakaan Maut

Pria pengguna kursi roda di Solo ini membuat pengguna jalan lain cemas. Dia kerap berada di tengah jalan dan memicu kecelakaan maut.

Bupati Karanganyar: Takbiran Keliling Dilarang, Takbiran di Masjid Saja

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, melarang takbiran keliling. Sebagai gantinya takbiran hanya boleh dilakukan di dalam masjid dan musala.

Dinkopnaker Boyolali Klaim Masalah THR Pan Brothers Sudah Tuntas

Dinkopnaker Boyolali mengklaim masalah pembayaran THR yang diprotes karyawan PT Pan Brothers sudah selesai melalui kesepakatan bersama.

Seorang Anggota DPRD Grobogan Ditangkap Polisi Gegara Ganja

Pengakuan tersangka menggunakan barang haram tersebut karena selama ini mengalami gangguan sulit tidur.

Wanita Solo yang Kembalikan Uang Rp20 Juta ke Pemilik Dipuji Ustaz Yusuf Mansur

Wanita asal Solo ini dapatkan pujian dari Ustaz Yusuf Mansur karena mengembalikan uang puluhan juta yang hilang

Kisah 11 Pemudik Ngumpet di Mobil, Ketahuan Polisi di Bekasi

Kanit Turjawali Polres Metro Bekasi, Iptu Supanta, mengatakan minibus itu hendak mudik ke Cilacap, Jawa Tengah.

Hari Kedua Pelarangan Mudik, Angkutan Barang Dominasi Tol Sragen

Sejumlah kendaraan pribadi dari luar Jawa Tengah terjaring penyekatan di Jembatan Timbang Sambungmacan pada Jumat pagi.

Tak Ada Penumpang Turun di Terminal Ir Soekarno Klaten Sejak Kamis Malam, 23 Bus Nganggur

Puluhan unit bus diparkir di Terminal Ir Soekarno Klaten menyusul adanya larangan mudik Lebaran 6-17 Mei sehingga tidak bisa beroperasi.

Sebar Hoaks Tank TNI untuk Halau Pemudik, Warga Diciduk

Kapendam Jaya, Kolonel (Arh) Herwin BS, mengatakan tank di Jalan Raya Narogong, Cileungsi, Bekasi, itu digunakan untuk keperluan latihan.

Libur Lebaran, TSTJ dan Taman Balekambang Solo Tetap Buka Lho!

Taman Satwa Taru Jurug atau TSTJ dan Taman Balekambang Solo akan tetap buka pada momen libur Lebaran tahun ini. Pasalnya, Pemkot Solo tak melarang wisata beroperasi.

Pasutri Bawa 2 Anak Balita Mudik Jalan Kaki dari Gombong ke Bandung

Saat ditemui di sekitar Jl. Ahmad Yani, Ciamis, Dani, 39, dan istrinya Masitoh Ainun Lubis, 36, membawa kedua anaknya Manta, 3, dan Hanum 1,5.