Tutup Iklan

OTT KPK : Bukan Hanya Kantor Pemerintah, Satgas KPK Juga Gededah Rumah

OTT KPK : Bukan Hanya Kantor Pemerintah, Satgas KPK Juga Gededah Rumah

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penyidik KPK melakukan penggeledahan. (skalanews.com)

OTT KPK di Kebumen berbuntut dengan penggeledahan sejumlah ruangan di kantor pemerintah setempat.

Solopos.com, KEBUMEN — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak henti mengusut keterkaitan dua tersangka kasus dugaan korupsi dengan modus operandi suap proyek-proyek yang didanai APBD Perubahan 2016 di lingkungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) setempat.

Sebagaimana diberitakan Semarangpos.com, Sabtu (15/10/2016), satgas KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di sejumlah tempat di Kabupaten Kebumen. KPK menangkap Ketua Komisi A DPRD Kebumen Yudi Tri Hartanto dan seorang pegawai negeri sipil Dinas Pariwisata Kabupaten Kebumen Sigit Widodo lalu menyematkan status tersangka kepada mereka.

Kedua tersangka kasus dugaan korupsi dengan modus operandi suap demi mengatur pelaksana proyek pengadaan pemerintah itu dijerat dengan Pasal 12 huruf a dan b UU No. 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaiamana diubah dengan UU No. 20/2001 tentang Perubahan Atas UU No. 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Tak mau berhenti di kedua tersangka, penyidik KPK dilaporkan laman aneka berita Okezone.com, menggeledah ruang kerja Sekretaris Daerah (Sekda) Kebumen, Selasa (18/10/2016) sekitar pukul 16.00 WIB. KPK bahkan meminta Sekda Adi Pandoyo turut mendampingi proses penggeledahan tersebut.

Dalam penggeledahan tersebut, tampak pula Kabag Administrasi Pembangunan (AP) Edi Riyanto keluar masuk ruangan memenuhi panggilan KPK. Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Kekayaan dan Aset Daerah (DPPKAD) Supangat juga tampak datang dengan membawa berkas. “Saya datang ke Kantor Setda untuk menyerahkan berkas,” ujar Supangat di lokasi.

Dia menjelaskan, untuk ruangannya belum dilakukan penggeledahan. “Ruangan saya belum digeledah. Tapi, saya dipanggil ke sini,” terangnya sebagaimana dikutip laman aneka berita Okezone.com.

Selain ruang kerja Sekda, KPK juga memeriksa ruangan lain, seperti Ruang Kabag AP, Ruang Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa, serta ruang rapat Setda.

KPK membagi beberapa tim yang juga memeriksa Ruang Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Sigit Widodo. Tim yang lain juga menggeledah ruang Kasi Sarana Prasarana Pendidikan Dasar (Sarpras Dikdas) dan Ruang Kasi Sarpras Dikmen. Selanjutnya KPK menggeledah dua orang di Gedung DPRD Kebumen.

Sementara itu, Kantor Berita Antara melaporkan satuan tugas KPK bahkan juga melakukan penggeledahan di rumah Basikun Mualim di Gang Cempaka, Kelurahan Kebumen. Sigit, seorang warga setempat, memberikan kesaksian adanya beberapa petugas mendatangi rumah tersebut, sebagian masuk ke dalam rumah dan dua petugas bersenjata laras panjang berjaga di depan rumah dan warga dilarang mendekat.

“Tadi ada beberapa petugas polisi datang ke rumah Pak Basikun, menurut kabar mereka petugas KPK,” ucapnya.

Penggeledahan rumah di tengah kampung itu menjadi tontonan warga sekitar. Dikabarkan beberapa tempat yang juga menjadi sasaran KPK, yakni di Kirong dan Perumahan Praja Mukti.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Begini Perketatan Aktivitas Masyarakat Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali melakukan perketatan aktivitas masyarakat selama masa PPKM Skala Mikro.

Sinyal Ferdinand Sinaga Merapat ke Persis Solo

Seorang sumber Solopos.com menyebut peluang Ferdinand merapat ke Persis mencapai 90%.

3 Zodiak Ini Konon Insan Paling Kreatif

Dalam urusan kreativitas, ada beberapa orang yang bingung dengan idenya, namun ada yang mudah mewujudkan layaknya zodiak insan kreatif.

Persika Karanganyar 0-1 Persis Solo: Assanur Rijal Akhirnya Pecah Telur

Setelah nihil gol di empat laga uji coba awal klub, Rijal Torres akhirnya pecah telur saat Persis beruji coba melawan Persika Karanganyar

Ngeri! Tabrak Pikap Pengendara Motor Tewas Terlindas Tronton

Kecelakaan itu terjadi antara pengendara sepeda motor Honda Vario dengan mobil Grand Max pikap dan truk tronton

Waduh! Stok Oksigen Menipis, RSUD Sragen Ketir-Ketir

RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen dibuat ketir-ketir dengan kondisi stok oksigen untuk pasien Covid-19 yang menipis.

8 Vaksin & Obat Covid-19 Ini Paling Laris

Bagi kaum skeptis, datangnya pandemi virus corona berati kesempatan bagi para penyedia obat-obatan dan vaksin pencegah Covid-19.

Target Vaksinasi Covid-19 di Jepang Terlampaui, Ini Kiatnya…

Jepang menuntaskan target vaksinasi Covid-19 melalui kerja keras memenuhi target, yakni mewujudkan sampai satu juta dosis vaksin setiap hari. 

Parah! Mau Diberi Masker, Pria Kulonprogo Malah Memukul Polisi

WW, 46 tahun warga Kulonprogo ditangkap setelah memukul Kanit Binmas Polsek Pandak, Ipda Tetepana yang hendak memberinya masker.

Tuan Rumah Liga 2: Sriwijaya FC Berencana Mundur, Persis di Atas Angin

Jika Sriwijaya FC benar-benar mundur, tinggal enam klub yang mengajukan markasnya sebagai tuan rumah babak awal Liga 2.

Tikus Duduki Australia, Napi Diungsikan

Populasi tikus di Australia tidak terkendali dan menduduki benua hingga mendesak manusia sehingga narapidana diungsikan.

Pegawai Setda Terpapar Covid-19, Pemkab Wonogiri Terapkan WFH Di Seluruh OPD

Pemkab Wonogiri menerapkah kebijakan work from home atau WFH untuk seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) hingga 5 Juli.