SOLOPOS.COM - Ilustrasi Investasi (JIBI/Solopos/Antara)

Ilustrasi Investasi (JIBI/Solopos/Antara)

Kanalsemarang.com, SEMARANG– Otoritas Jasa Keuangan mencatat data rekening giro Bank Jateng di Bank Indonesia tidak pernah sinkron atau selalu terjadi selisih hingga Kamis.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal tersebut diungkapkan Deputi Direktur Pengawasan OJK Regional 4 Untung Nugroho saat sidang kasus korupsi pemgadaam sistem aplikasi Core Banking System Bank Jateng senilai Rp35 miliar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Semarang, Kamis (11/12/2014)

“Jadi, data rekening giro yang tercatat di Bank Jateng selalu berbeda dengan data BI,” kata Untung saat menjadi saksi dalam sidang yang dipimpin Hakim Ketua Gatot Susanto seperti dikutip Antara.

Oleh karena itu, menurut dia, diperlukan rekonsiliasi rekening Giro Bank Jateng di BI.

Ia mengatakan bahwa berdasarkan pengawasan yang dilakukan OJK sejak 2012 diketahui hal tersebut disebabkan oleh Bank Jateng belum bisa membuat aplikasi tambahan untuk hal tersebut.

Akibat perbedaan dana rekening giro tersebut, kata dia, data keuangan Bank Jateng belum bisa diyakini kebenarannya.

Persoalan yang dihadapi Bank Jateng tersebut juga dibenarkan saksi lain yang berasal dari Bank Indonesia.

Mantan Pengawas Bank Madya Senior BI Semarang I Ketut Suena mengatakan sejak diterapkannya sistem CBS di Bank Jateng masih terus terjadi selisih rekening giro.

“Sejak saya menjadi tim pengawas dalam aplikasi sistem ini sudah terjadi selisih sekitar Rp60 juta,” katanya dalam sidang dengan terdakwa mantan Pimpinan Cabang Utama Bank Jateng Susanto Wedi itu.

Ia mengakui masih banyak kekurangan dalam sistem CBS milik Bank Jateng tersebut.

Bank Indonesia sendiri, lanjut dia, menemukan sembilan item yang merupakan kelemahan dari sistem tersebu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya