Otoritas Hong Kong Klaim Temukan Kandungan Etilen Oksida di Mi Instan Indonesia

Otoritas pangan Hong Kong melaporkan jika mereka menemukan kandungan berbahaya yang ada di Mie Goreng Sedaap Korean Spicy Chicken Flavour.

Kamis, 29 September 2022 - 13:09 WIB Penulis: Hesti Puji Lestari Annasa Rizki Kamalina Editor: Sri Sumi Handayani | Solopos.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mi instan (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Otoritas pangan Hong Kong melaporkan jika mereka menemukan kandungan berbahaya yang ada di Mie Goreng Sedaap Korean Spicy Chicken Flavour.

Dilansir dari situs resmi Center for Food Safety (CFS), otoritas pangan Hong Kong melaporkan jika menemukan kandungan berbahaya pada Mie Goreng Sedaap Korean Spicy Chicken Flavour saat melakukan pengujian terhadap sampel produk dari supermarket di Lok Fu pada 27 September 2022.

“Hasil pengujian menunjukkan bahwa sampel mi, paket bumbu, dan bubuk cabai produk mengandung pestisida, etilen oksida,” tulis CFS, Selasa (27/9/2022), seperti dikutip dari Bisnis.com, Kamis (29/9/2022).

Center of Food Safety Hong Kong menemukan pestisida setelah menguji sampel mi instan merek Mi Sedaap Korean Spicy Chicken. Zat tersebut ditemukan pada paket bumbu dan bubuk cabai.

Pada keterangan tersebut, CFS menyampaikan bahwa International Agency of Research on Cancer mengkategorikan zat etilen oksida, zat yang ditemukan pada Mi Sedaap, sebagai karsinogen atau penyebab kanker.

Baca Juga : Kabar Tak Sedap Masih Hantui Mi Sedaap di Mancanegara

Anggota masyarakat tidak boleh mengkonsumsi batch produk yang terkena dampak karena berbahaya bagi tubuh. Departemen tersebut juga harus segera berhenti menggunakan atau menjual batch produk yang terkena dampak jika mereka memiliki.

Dampaknya, Mie Sedaap varian itu ditarik peredarannya dari pasar Hong Kong. Kasus itu menjadi bahan perbincangan akhir-akhir ini.

Apa itu etilen oksida?

Dilansir dari Cancer.gov, etilen oksida adalah bahan yang biasanya digunakan sebagai pestisida fumigan. Pada suhu kamar, etilen oksida adalah gas tidak berwarna yang mudah terbakar dengan bau manis.

Ini digunakan untuk memproduksi bahan kimia lain, termasuk antibeku. Dalam jumlah yang lebih kecil, etilen oksida digunakan sebagai pestisida dan agen sterilisasi.

Baca Juga : 5 Pengusaha Mi Instan Terkaya di RI, Hartanya Capai Triliunan Rupiah

Kemampuan etilen oksida untuk merusak DNA membuatnya menjadi agen sterilisasi yang efektif tetapi juga bertanggung jawab atas aktivitas penyebab kanker.

Bukan hanya kanker, jika teralu banyak dikonsumsi zat ini juga akan menyebabkan limfoma dan leukemia. Kanker perut dan payudara juga dapat dikaitkan dengan paparan etilen oksida.

Wings Food selaku pemilik merek dagang Mie Sedaap buka suara soal kabar yang beredar mengenai temuan kandungan pestisida pada produknya di Hong Kong dengan jenis etilen oksida.

Wings Group Buka Suara

Head of Corporate Communications & CSR Wings Group Indonesia, Sheila Kansil, menegaskan bahwa produknya aman dikonsumsi dan telah memenuhi standar keamanan makanan internasional.

“Mie Sedaap diproduksi dengan menaati regulasi dari badan terkait untuk memenuhi standar keamanan pangan yang berlaku,” tulisnya dalam keterangan resmi dikutip, Kamis (29/9/2022).

Baca Juga : Mi Instan Indonesia Mengandung Pestisida, Dilarang Beredar di Taiwan

Standar keamanan yang dimaksud yaitu telah memiliki izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan memiliki sertifikat halal dari MUI. Selain itu produk mi instan tersebut telah mendapatkan sertifikasi ISO 2000 mengenai Standar Internasional Manajemen Keamanan Pangan serta sertifikasi ISO 9001 mengenai Standar Internasional System Manajemen Mutu.

Lebih lanjut, Sheila menyatakan produk Mie Sedaap yang telah dinikmati oleh konsumen di lebih dari 30 negara tersebut telah memenuhi standar wajib ekspor, termasuk kandungan, pengemasan, hingga pelabelan produk.

“Mie Sedaap selalu berupaya memberikan yang terbaik bagi konsumen dari seluruh lini proses dan produksi. Mie Sedaap memastikan tidak ada penggunaan etilen oksida [EtO] dan telah memenuhi standar pangan sehingga aman untuk dikonsumsi,” ujarnya.

Kata Kunci : Pangan Mi Instan Hong Kong

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif