SOLOPOS.COM - ILUSTRASI (JIBI/SOLOPOS/dok)

ILUSTRASI (JIBI/SOLOPOS/dok)

JAKARTA–Meskipun sebelumnya diprediksi anjlok hingga 40%, penjualan mobil pada Agustus masih memperlihatkan tren positif, ditandai dengan kenaikan penjualan 5,28% dari 73.279 unit pada bulan yang sama tahun lalu menjadi 77.145 unit.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Padahal, jumlah hari kerja pada Agustus tahun ini lebih sedikit daripada tahun lalu karena Hari Raya Idul Fitri kali ini jatuh pada pertengahan bulan ditambah libur Lebaran yang lebih panjang. Adapun, libur Lebaran 2011 jatuh pada akhir Agustus hingga awal September.

“Ini merupakan pertanda bagus. Meskipun turun, permintaan mobil masih tinggi dengan hari kerja bulan lalu yang lebih sedikit,” ujar Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yongkie D. Sugiarto kepada Bisnis, Rabu (5/9/2012).

Data sementara Gaikindo memperlihatkan penjualan mobil nasional pada Agustus mengalami penurunan 25% dari 102.512 unit pada bulan sebelumnya menjadi 77.145 unit. Pencapaian ini mematahkan prediksi sejumlah Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) yang memperkirakan penjualan mobil pada Agustus turun 35%-40% menjadi sekitar 65.000 unit.

Anomali pasar mobil di Tanah Air sepertinya kembali terjadi di tengah kekhawatiran kebijakan penaikan uang muka minimum kredit kendaraan bermotor 25%-30% menurunkan penjualan.

Kondisi pasar mobil yang tidak biasa ini ditandai dengan penjualan mobil pada awal diterapkannya peraturan tersebut yang mampu menembus 100.000 unit selama dua bulan berturut pada Juni dan Juli.

Meskipun demikian, Yongkie belum berani menarik kesimpulan penerapan peraturan DP minumum tersebut tidak memberikan dampak terhadap penjualan mobil di Tanah Air.

“Kami masih tunggu dua bulan lagi untuk mengevaluasi dampak dari kebijakan tersebut, yakni penjualan pada September dan Oktober,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya