SOLOPOS.COM - Toyota Etios, mobil kompak produk terbaru Toyota saat diopamerkan di Solo Square, Solo beberapa waktu lalu. (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

Toyota Etios, mobil kompak produk terbaru Toyota saat diopamerkan di Solo Square, Solo beberapa waktu lalu. (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

JAKARTA — PT Toyota Astra Motor membukukan penjualan kendaraan sebanyak 32.726 unit pada Maret, turun 7,3% dibandingkan dengan penjualan Februari dan minus 1,74% dibandingkan dengan bulan yang sama 2012.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kendati demikian, secara kumulatif penjualan mobil Toyota di Tanah Air selama periode Januari-Maret mencapai 103.967 unit atau tumbuh 8,23% dibandingkan pencapaian kuartal I/2012.

Duet Toyota Avanza dan Innova masih menjadi tulang punggung penjualan TAM, dengan torehan angka masing-masing 14.333 unit dan 5.093 unit. Akan tetapi, mengacu pada data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), tren penjualan keduanya menurun dalam tiga bulan terakhir.

Dalam siaran persnya, TAM menyanjung performa penjualan produk terbarunya, Etios Valco, yang langsung melesat sejak diluncurkan pada 11 Maret lalu dengan mencatatkan angka penjualan 1.289 unit. Joko Trisanyoto, Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM), menuturkan sejak awal Etios Valco diperkenalkan untuk memberikan pilihan yang lebih komplit bagi konsumen di segmen mobil kompak. Varian ini juga diluncurkan guna memenuhi kebutuhan pasar akan kendaraan city car yang berstandar kualitas global dan bernilai fungsional.

Pihak TAM menyebutkan hasil yang ditorehkan Etios Valco sepanjang Maret lalu langsung berkontribusi terhadap penjualan Toyota di segmen mobil kompak, yang sepanjang kuartal I/2013 membukukan total penjualan 6.919 unit atau tumbuh 46,8% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu 4.714 unit.

Selain Etios Valco, Toyota Yaris memberikan andil positif terhadap penjualan TAM, setelah terjual sebanyak 2.258 unit pada bulan lalu. Secara persentase, penjualan Yaris pada Maret tumbuh 22,5% dibandingkan dengan pencapaian Februari 1.843 unit atau naik dua kali lipat dibandingkan penjualan Maret 2012 yang sebanyak 951 unit.

Di segmen sedan, Toyota membukukan penjualan sebanyak 717 unit pada Maret atau tumbuh 16,8% dibandingkan dengan penjualan Februari 614 unit. Produk lain di kelas sedan yang juga mencatatkan pertumbuhan positif adalah Toyota Corolla, dengan unit yang terjual selama Maret sebanyak 171 unit atau tumbuh 4,9% dibandingkan dengan Februari.

Sementara itu, Toyota Camry membukukan penjualan sebanyak 296 unit pada Maret atau tumbuh 48% dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Produk lainnya yang juga membukukan pertumbuhan adalah Toyota Rush dengan total penjualan 2.577 unit, Hilux B-cab 1.028 unit, Toyota NAV1 402 unit, serta Toyota Fortuner (4×2) 1.580 unit

Adapun, di segmen kendaraan komersial, selain ditopang oleh Hilux, penjualan Toyota pada Maret juga ditopang oleh Toyota Dyna dengan total penjualan 2.048 unit, serta Toyota Hi Ace 131 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya