SOLOPOS.COM - BMW (Ilustrasi/JIBI/Harian Jogja)

BMW (Ilustrasi/JIBI/Harian Jogja)

JAKARTA—Segmen mobil mewah diproyeksikan masih dapat tumbuh dengan baik hingga tahun depan yang didorong oleh pertumbuhan ekonomi yang baik serta meningkatnya jumlah golongan menengah ke atas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor mencatat penjualan mobil premium sepanjang 11 bulan pertama tahun ini mencapai 20.226 unit, atau naik sekitar 30% dibandingkan periode yang sama tahun lalu yakni sebanyak 15.658 unit.

Ekspedisi Mudik 2024

“Dengan pertumbuhan ekonomi yang semakin baik sejak 2009, pasar mobil mewah di Tanah Air masih sangat prospektif,” ungkap Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia, Rabu (12/12/2012).

Ramesh menjelaskan kondisi ekonomi yang mampu bertahan di tengah krisis global saat ini mendorong peningkatan jumlah golongan atas yang turut menggenjot permintaan akan mobil mewah. “Kami memproyeksikan penjualan produk BMW pada tahun depan dapat tumbuh dua digit,” ujarnya.

Dia menuturkan penjualan mobil BMW sepanjang Januari-November mencapai 1.990 unit, melonjak 44% dibandingkan pencapaian pada periode yang sama tahun lalu yakni sebanyak 1.399 unit.

Kenaikan penjualan ini, tutur Ramesh, didorong oleh meningkatnya permintaan pada sedan dengan model 3-series dan 5-series, yang mencatatkan total penjualan sepanjang 11 bulan pertama tahun ini masing-masing sebanyak 595 unit dan 531 unit. “5-series dan 3-series masing-masing berkontribusi sekitar 30%. Adapun, tipe X-series juga meningkat dengan kontribusi mencapai 20%,” katanya.

Ramesh juga memproyeksikan prospek model sport utility vehicle (SUV) premium semakin menjanjikan seiring dengan semakin banyaknya para ATPM meluncurkan produk baru di segme tersebut.

Selain BMW, beberapa ATPM lain juga mulai membawa produk SUV premium mereka ke pasar domestik seperti AUDI dengan model Q, General Motors melalui Chevrolet Trailblazer, dan lain sebagainya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya