SOLOPOS.COM - Istana Kerajaan di Oslo, salah satu tujuan wisata populer. (google)

Istana Kerajaan di Oslo, salah satu tujuan wisata populer. (google)

Dari sekian banyak kota di dunia, kota manakah yang paling mahal biaya hidup penduduknya? Ternyata, berdasarkan penelitian Bank Swiss, UBS, ada tiga kota termahal di dunia, yakni Oslo, Zurich dan Tokyo.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Kota-kota itu masuk kategori kota termahal setelah dilakukan perbandingan harga dari 122 item barang dan jasa di 72 kota.  “Ketika biaya sewa ditambahkan ke kalkulasi biaya, New York, Dubai dan Hong Kong keluar dari daftar,” bunyi pernyataan  bank itu seperti dilansir Kabar24, Senin (17/9/2012).

Bahkan meskipun biaya sewa tak diperhitungkan, tiga kota yang terkenal sebagai surga belanja dan kemewahan dunia itu masih lebih murah dibandingkan Oslo, Zurich dan Tokyo. New York di peringkat peringkat enam,  Dubai peringkat 22 dan Hong Kong peringkat 32.

Lalu kota mana saja yang termurah biaya hidup warganya? Jawabannya adalah Mumbai dan New Delhi di India. Kedua kota ini disebut  termurah berdasarkan  gaji bruto para pekerjanya yang rata-rata sebesar 6% dari upah rata-rata di Zurich.

Terkait besaran upah pekerja, Oslo yang merupakan kota berbiaya hidup termahal ternyata menempati posisi keempat terbesar di Eropa, dengan Zurich di peringkat dua dan Kopenhagen peringkat ketiga.

Untuk daya beli, Zurich menempati peringkat pertama. Pasalnya, upah bersih per jam di kota ini mampu untuk membeli barang dan pelayanan jasa terbaik.

“Pekerja di Zurich bisa membeli iPhone setelah bekerja 22 jam. Bandingkan dengan di Manila, Filipina, dibutuhkan sekitar 20 kali lebih lama bekerja,” tulis UBS. Wah!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya