SOLOPOS.COM - Film Senyap karya sutradara Joshua Openheimer (filsenyap[.com)

Oscar 2016 mencantumkan film Senyap sebagai salah satu nominasi.

Solopos.com, SOLO — Film Senyap atau The Look of Silence karya Joshua Oppenheimer bersaing di ajang Oscar tahun ini. Senyap masuk di kategori Best Documentary Feature bersaing dengan sejumlah film asal negara lain.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Sebelum malam puncaknya Oscar 2016, Senyap mulai banyak diputar di beberapa kampus di Amerika. Tak hanya pemutaran, sesi diskusi juga dilakukan seusai film itu ditayangkan.

Beberapa kampus yang memutar film tersebut di antaranya adalah San Diego State University dan University California of San Diego.

Dalam beberapa wawancara seperti diberitakan Detik.com, Joshua mengungkapkan Senyap haruslah disaksikan oleh banyak mata tentang sebuah peristiwa nyata. Yakni, peristiwa pembantaian yang telah dilakukan para pelaku G 30 S dengan melihat dari sudut pandang para korban.

Bila di Eropa ada Nazi, Indonesia punya kisah sejenis dengan sejarah masa lalu yang kelam lewat G 30 S. Joshua merekam perjalanan seseorang bernama Adi Rukun yang merupakan sosok adik korban pembantaian yang meminta konfirmasi pada para pelaku yang telah melakukan penyiksaan pada kakaknya.

Sebelum menjadi nominasi Oscar 2016, film ini juga telah dianugerahi sejumlah penghargaan. Di antaranya Grand Jury Prize di Festival FilmVenesia juga Moused’ Oro sebagai film dokumenter terbaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya