SOLOPOS.COM - ilustrasi Windows 10 (Cnet.com)

OS terbaru Microsoft Windows 10 bisa menjalankan aplikasi Android dan IOS asalkan developer membuat porting.

Solopos.com, JAKARTA – Sistem operasi (OS) terbaru Microsoft Windows 10 akhirnya diluncurkan di berbagai belahan dunia. OS ini ternyata mampu menjalankan aplikasi IOS dan Android.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal ini telah dikonfirmasi oleh Windows Business Group Lead Microsoft Indonesia, Lucky Gani, pada acara peluncuran Windows 10 yang digelar secara serentak di 190 negara, pada Selasa (29/7/2015) kemarin. “Microsoft memungkinkan para developer aplikasi untuk membuat porting aplikasi Android dan IOS mereka di Windows Store,” ungkap Lucky, seperti dikutip Solopos.com dari Liputan6, Kamis (30/7/2015).

Apa yang dipaparkan Lucky itu senada dengan penjelasan Microsoft sebelumnya di acara konferensi developer tahunan Build 2015 yang berlangsung awal Mei lalu.

Kala itu, di hadapan para pengembang aplikasi yang hadir, Microsoft Executive Vice President Terry Myerson mengatakan, “Kemampuan itu [menjalankan aplikasi Android dan IOS] sudah tersedia.”

“Kami ingin memberikan jembatan yang tepat bagi para pengembang agar dapat memanfaatkan platform aplikasi yang universal,” lanjutnya.

Secara teknis, dijelaskan bahwa aplikasi Android dan IOS yang berjalan di Windows 10 tidak akan menggunakan sistem emulator, tetapi dengan cara mem-porting aplikasi melalui subsistem.

Laman Digital Trends melaporkan, aplikasi Android dan IOS berbasis pemrogaman Java dan C++ yang berjalan di Windows 10 akan menggunakan kode yang sudah ada di dalamnya, hanya saja dijalankan melalui wadah keamanan khusus.

Langkah serupa juga pernah dilakukan Blackberry di sistem operasi Blackberry 10 mereka. Perangkat berbasis Blackberry 10 dapat mengunduh aplikasi-aplikasi Android melalui toko aplikasi Amazon Store.

Namun sayang, tidak semua pengembang “menyempatkan waktu” untuk memodifikasi aplikasi Android mereka dan membaut porting khusus ke Amazon Store. Hasilnya, tetap saja tidak semua aplikasi Android dapat berjalan di handset berbasis Blackberry 10.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya