SOLOPOS.COM - IOS 9 (Youtube)

OS terbaru IOS 9.3 sudah bisa diunduh. Apa saja fitur andalannya?

Solopos.com, SAN FRANSISCO — Setelah menggelontorkan serangkaian versi beta, Apple akhirnya merilis OS terbaru IOS 9.3 final. Mengusung sejumlah fitur baru, patutkah pembaruan ini diunduh?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sejak Januari 2016 lalu, Apple telah mengirimkan OS terbaru IOS 9.3 versi beta ke developer. Setelah tujuh kali mengalami update, versi final sistem operasi ini akhirnya dirilis bersamaan peluncuran Iphone SE.

Sejumlah perbaikan sera fitur baru dibawa OS terbaru IOS 9.3. Hal tersebut menjadi alasan pembaruan ini layak diinstal di Iphone, Ipad dan Ipod Touch. Adapun fitur baru yang dapat dinikmati di antaranya sebagai berikut:

1. Night Shift

Bagi Anda yang doyan menggunakan gadget sebelum tidur, maka wajib menggunakan fitur Night Shift. Saat Night Shift diaktifkan, layar akan menurunkan warna biru. Sehingga layar akan menguning, kondisi tersebut membuat nyaman di mata.

Awalnya fitur Night Shift harus diatur langsung pada bagian Settings. Sering perilisan update, Apple akhirnya menempatkan tombol Night Shift di Control Center sehingga lebih mudah untuk mengaktifkannya.

Pengguna dimungkinkan mengatur otomatis pengaktifan fitur Night Shift ini, yakni dari terbenam hingga terbit matahari atau dapat pula diatur manual berdasarkan jam.

Sayangnya tidak semua perangkat yg dapat mencicipi ini seperti Iphone 5, Iphone 5C, Ipod Touch generasi kelima, Ipad Mini, Ipad 2, Ipad 3 dan Ipad 4.

2. Notes

Apple memberi perhatian lebih pada aplikasi Notes. Kini pengguna dapat membubuhkan password pada setiap catatan yang dibuat di Notes atau dapat menggunakan Touch ID untuk mengakses catatan tersebut.

Cara penggunaannya, pada catatan yang dibuat, tekan tombol share yang berada di pojok kanan atas. Selanjutnya tekan tombol Lock Note di bagian bawah. Masukkan password, isi verify dan hint. Bila ingin menggunakan sensor sidik jari maka geser tombol Use Touch ID ke kanan.

Setelah mengatur password, kita akan melihat catatan tersebut di daftar Notes. Namun, selanjutnya bila ingin mengakses dibutuhkan password atau sidik jari untuk membukanya.

3. News

Aplikasi News turut pula mengalami sejumlah polesan. Alhasil membuat pengguna lebih nyaman lagi saat membaca berita di dalamnya. Salah satu perubahan yang paling kentara adalah tersedianya mode landscape di Iphone. Ini sangat berguna terutama mereka yang menggunakan Iphone 6S Plus.

Adapula swipe gesture baru untuk Like, Share dan Save. Pengguna pun kini dimungkinkan memutar video yang terembed di dalam konten dan daftar Tranding di bagian pencarian.

4. Health

Pada IOS 9.3, pengguna dapat memasukkan statistik Apple Watch Activity pada dashboard aplikasi Health. Aplikasi Health sendiri mengalami sejumlah perubahan tampilan.

Ketika dalam tampilan Day, widget menunjukkan cincin Aktivitas dan tiga baris statistik. Sementara pada timeline lain (Minggu, Bulan, Tahun), widget juga menunjukkan grafik aktivitas dari waktu ke waktu. Selain itu aplikasi Health turut memberikan saran aplikasi yang dapat digunakan oleh pengguna.

5. Activity

Apabila pengguna memakai Apple Watch dan menghubungkannya ke Iphone, maka akan muncul aplikasi Activity. Lewat aplikasi Activity ini kita dapat melihat informasi detail workout yang telah dilakukan.

Ada pilihan filter untuk menelusuri berdasarkan jenis latihan atau tanggal direkam. Pengguna juga dapat melihat ringkasan aktivitas bulan-demi-bulan dengan nilai total dan rata-rata.

6. 3D Touch

Saat diluncurkan Sepetember 2015 lalu, banyak aplikasi Apple belum mendukung fitur 3D Touch. Kini di pembaruan IOS 9.3, sejumlah aplikasi sudah diberikan dukungan pada fitur berbasis tekanan di layar itu.



Aplikasi tersebut meliputi Settings, Weather, Compass, App Store, Itunes Store dan Health. Selain itu 3D Touch dapat digunakan pada ikon Wifi dan Bluetooth pada Control Center sehingga pengaturannya dapat lebih cepat.

7. Lain-lain

Pembaruan lain yang dibawa IOS 9.3 di antaranya sebagai berikut:

– Tersedianya layanan Apple Music dan Maps di CarPlay.
– Modus full screen Apple Music dan Podcasts pada Ipad.
– Singkron PDF dengan Icloud di Ibook dan terdapat layar baru di bagian Purchase.
– Multi mode untuk Ipad for Education.
– Kemampuan pair Apple Watch lebih banyak dalam satu Iphone.
– Saran aplikasi di Wallet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya