SOLOPOS.COM - Windows 10 iot core (Ubergizmo)

OS terbaru Windows 10 bisa diupgrade secara gratis. Windows 10 merupakan sistem operasi terbaru yang dibuat Micosoft.

Solopos.com, BANDUNG — Perusahaan asal Redmond, Amerika Serikat, Microsoft, memutuskan untuk menggratiskan biaya bagi pengguna Windows 7 dan 8 yang ingin mengupgrade Operation System (OS) terbaru Windows 10.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari Detik, Senin (17/8/2015), langkah ini sebenarnya terlihat cukup unik, mengingat menjual software adalah salah satu cara Microsoft untuk memperoleh pemasukan.

Ada satu tujuan besar dari langkah Microsoft menggratiskan upgrade OS terbaru Windows 10, yaitu menarik perhatian para developer untuk membuat software di platform anyarnya ini.

Aplikasi yang nantinya akan muncul di Windows Store dan bisa dipakai di berbagai perangkat yang menggunakan  OS terbaru Windows 10, baik PC, ponsel, dan perangkat yang akan datang, seperti Tablet Surface Hub dan HoloLens.

Windows Store sebenarnya sudah ada sejak Microsoft merilis Windows 8. Namun, perkembangan jumlah aplikasi di toko itu bisa berjalan cukup lambat. Butuh waktu lama bagi Microsoft untuk menarik perhatian para developer untuk membuat aplikasi di situ.

Tentu ini ada kaitannya dengan popularitas Android dan iOS, yang lebih dulu muncul. Keduanya punya pilihan aplikasi yang jauh lebih beragam dibanding Windows Store di zaman Windows 8. Developer seperti lebih tertarik membuat aplikasi di Android dan iOS karena jumlah penggunanya yang banyak.

Dengan menggratiskan pembaruan OS terbaru Windows 10, Microsoft ingin menarik para pengguna Windows 7 dan Windows 8 untuk berpindah ke OS anyar itu. “Agar penggunanya banyak,” ujar Business Group Head Windows, Microsoft Indonesia, Lucky Gani, di acara Windows on Location di Bandung, Kamis (13/8/2015).

Dengan banyaknya jumlah pengguna, diharapkan banyak developer yang tertarik untuk meramaikan Windows Store. Baik itu membuat aplikasi anyar, atau membuat aplikasi dari platform lain seperti web based, iOS, dan Android menjadi aplikasi Windows 10.

Upgrade dari Windows 7 dan 8 akan diberikan secara cuma-cuma selama setahun sejak Windows 10 diluncurkan pada 29 Juli lalu. Apabila sudah lewat setahun, asal sudah diupgrade, pengguna tak perlu membayar lagi,” tambah pria asal Bogor ini.

Lucky juga menyebut kalau OS terbaru Windows 10 ini adalah kesempatan bagi para developer untuk memperluas cakupan pasar aplikasi buatannya. “Pengguna Windows 10 ini kan banyak, dari Windows 7 dan Windows 8 yang pindah, dan tentu akan menguntungkan bagi developer,” tandas Lucky.

OS terbaru Windows 10 ini akan tersedia untuk banyak platform, baik PC, IoT, hingga ponsel pintar. “Jadi sekali bikin aplikasi bisa buat semua platform. “Sampai saat ini antusiasme developer untuk Windows 10 ini sangat tinggi,” ucap Lucky.

Dikutip dari Okezone, Senin, Lucky Gani mengatakan Microsoft sengaja membuat peluncuran OS terbaru Windows 10 menjadi lebih terbuka dibanding saat Windows 7 dirilis.

“Ada free upgrade selama setahun agar pengguna dapat menikmati aplikasi di Windows 10. Dengan sendirinya pengguna Windows 10 akan semakin banyak, dan pengguna Windows 7 serta Windows 8 akan beralih ke OS terbaru Windows 10,” ujar Lucky.

Selain itu, Microsoft juga melengkapi OS terbaru Windows 10 dengan berbagai inovasi baru, seperti asisten digital Cortana, browser baru Microsoft Edge, Xbox App, dan Office Universal App.

Dengan segala kemampuannya, OS terbaru Windows 10 menjadi sistem operasi pertama Microsoft yang mendukung multiplatform, baik di perangkat mobile dan PC. Bahkan termasuk  konsol game dan perangkat virtual reality hololens.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya