SOLOPOS.COM - Peluncuran ID3 OS (Detik)

OS terbaru ID3 OS merupakan sistem operasi buatan Indonesia yang bisa menyaingi Cyanogen.           

Solopos.com, JAKARTA — Diam-diam, TSM yang dikenal sebagai manufaktur ponsel tengah menggarap OS  terbaru buatannya sendiri. Dinamai ID3 OS atau diucap IDE OS, sistem operasi made in Indonesia itu diklaim bisa menjadi Cyanogen.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Memang terdengar terlalu percaya diri, tapi pernyataan yang dilontarkan oleh TSM Director of Business Development, Joegianto, cukup beralasan. Pasalnya OS terbaru ID3 OS yang berbasis Android disebutnya dikembangkan dari level kernel.

Sedangkan kebanyakan OS yang tertanam di smartphone saat ini pengembangannya sebatas UI atau theme layering. Atas alasan itu, Joegianto percaya diri kalau ID3 OS berada di tingkat yang sama dengan Cyanogen. Bahkan menurutnya lagi ponsel yang bisa mendukung Cyanogen, pasti juga bisa menjalankan ID3 OS nantinya.

“Pengembangan ID3 OS memiliki akses penuh ke kernel. Selevel dengan Cyanogen,” bangga Joegianto, di Senopati, seperti dilansir Detik, Kamis (17/12/2015).

Tentu bukannya tanpa alasan TSM mengembangkan ID3 OS. Keputusannya mengembangkan OS terbaru itu bersumber dari ponsel-ponsel lokal yang kesulitan menghadirkan update sistem operasi bagi penggunanya.

Selama ini produsen ponsel lokal kerap memberikan single-update atau bisa dibilang OS yang preinstal di ponsel akan dipakai seterusnya tanpa kehadiran update.

Joegianto mengatakan, ID3 OS sendiri memang hanya akan fokus pada produsen lokal pada awalnya. Meski demikian TSM juga punya rencana untuk membawa ID3 OS untuk go abroad, bersaing dengan Cyanogen yang kini sudah mulai dipercaya oleh beberapa produsen ponsel.

“OS terbaru ID3 OS pasti akan go abroad, di Asia misalnya. Salah satu institusi penting dunia juga sudah ada yag meminati fitur keamanan yang dimiliki ID3 OS, yakni FAA,” kata Joegianto.

TSM rencananya akan mengumumkan ID3 OS pada pertengahan bulan Januari mendatang. Bakal ada dua versi yang ditawarkan yakni versi Lite dan Premium. Perbedaan dua versi itu terletak di fitur dan ketersediaan.

OS terbaru ID3 OS Lite bakal ditawarkan secara gratis tapi ada beberapa fitur yang absen. Sedangkan yang versi premium, hanya akan didapat secara preinstal di ponsel-ponsel yang menjalin rekanan dengan TSM. Versi premium juga dibekali fitur-fitur eksklusif yang tak ada di versi Lite.

“ID3 OS akan hadir yang versi premium duluan bersamaan dengan ponsel yang akan menggunakannya. Ponsel lokal tapi kami tak bisa mention. Sedangkan versi lite baru akan hadir sekitar dua bulan setelahnya,” pungkas Joegianto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya