SOLOPOS.COM - Ilustrasi Android vs IOS (tech.co)

OS smartphone merupakan salah satu elemen penting dan memiliki beberapa fungsi.

Solopos.com, SOLO — Kehadiran smartphone saat ini bisa dibilang menjadi kebutuhan utama dari masyarakat. Beberapa vendor menggunakan sistem operasi yang digunakan untuk mendukung kinerja ponsel agar semakin mumpuni

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagaimana dikutip dari PCAdvisor, Cnet, dan Webopedia, Jumat (25/2/2016), bahkan ada vendor yang menciptaan operating system (OS) smartphone atau sistem operasi miliknya sendiri seperti Apple.

Apple yang awalnya bergerak di bidang komputer yang mengandalkan jaringan Internet, secara perlahan membuat sistem operasi buatan sendiri dengan nama IOS. OS smartphone milik Apple ini sekarang sudah menjadi pesaing berat bagi smartphone berbasis OS lain seperti Android dan Windows.

OS smartphone memiliki arti perangkat lunak atau software yang bertugas untuk mengerjakan dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem.

Tugas utama sistem operasi atau OS smartphone termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia yang bisa didesain sendiri.

OS smartphone mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya. Untuk fungsi-fungsi perangkat keras seperti sebagai masukan dan keluaran dan alokasi memori, sistem operasi bertindak sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer.

Meskipun kode aplikasi biasanya dieksekusi langsung oleh perangkat keras dan seringkali akan menghubungi OS, namun terkadang sistem operasi yang membawa dampak terbesar bagi jalannya aplikasi smartphone atau segala perangkat keras yang memiliki OS. Sistem operasi yang ditemukan pada hampir semua perangkat yang barbasis komputer, ponsel dan konsol permainan video.

OS smartphone menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya bisa memakai memori, melakukan input, output terhadap peralatan lain dan mempunyai akses kepada sistem file. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka sistem operasi akan mengatur jadwal yang tepat.

Pengaturan jadwal pemakaian ini membuat smartphone sebisa mungkin segala proses pada perangkat keras yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.

Selain untuk penjadwalan segala aplikasi yang berjalan, yang didukung dengan software dan hardware pada smartphone, OS Android sudah jauh berkembang dalam beberapa tahun belakangan. OS smartphone Android ini memiliki versi yang membuat sistem operasi tersebut semakin digemari oleh banyak pengguna ponsel di dunia.

Kali pertama OS Android muncul di smartphone besutan HTC T-Mobile G1 atau HTC Dream. Smartphone HTC T-Mobile G1 itu diluncurkan di New York, Amerika Serikat, dan menjadi ponsel layar sentuh berbasis Android pertama di dunia. (Ardhon Purtama Putra/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya