SOLOPOS.COM - Android Marsmallow (www.technobuffalo.com)

OS Android memiliki nama unik dari versi pertama hingga yang paling baru.

Solopos.com, SOLO — Sistem operasi smartphone terbesar saat ini, Android, ternyata memiliki banyak nama unik. Nama-nama unik OS Android itu terinspirasi dari makanan manis.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam memuaskan dan memberikan pengalaman baru untuk pengguna, OS Android yang dibeli Google pada Juli 2005 lalu, membuat beberapa pembaruan dengan berbagai versi dan memiliki nama unik.

Sebagaimana dilansir Android, Meroket, dan Tomsguide, Senin (28/2/2016), OS Android memiliki 12 versi yang berurutan sesuai abjad. Urutan versi nama Android pertama hanya menggunakan Android saja tanpa sebutan. Berikut ini nama-nama OS Android dari versi pertama hingga terbaru.

-Android 1.0         

Versi komersil pertama dari Android adalah OS Android 1.0. sistem operasi berbentuk robot hijau itu dirilis September 2008 dan versi beta yang dirilis pada November 2008. Android merupakan pengembangan berkelanjutan oleh Google dan Open Handset Alliance (OHA) yang telah melakukan beberapa kali update sejak sistem operasi ini dirilis.

Versi komersil pertama ini ditanam di smartphone besutan HTC yang dinamakan T-Mobile G1. Smartphone T-Mobile G1 itu diluncurkan di New York, Amerika Serikat, yang sekaligus menjadi ponsel layar sentuh berbasis Android pertama di dunia.

-Cupcake (OS Android 1.5)

Android Cupcake merupakan versi OS Android pertama yang menggunakan nama makanan berbau manisan. OS ini diluncurkan kali pertama pada 2009 silam. Berbagai aplikasi dan fitur yang ditawarkan dalam sistem Android Cupcake di antaranya aplikasi kamus dan keyboard, kemampuan merekam dan memutar video dalam format MPEG-4, aplikasi widget yang lebih lengkap, serta kemampuan transisi layar dan fitur untuk mengunggah video ke dalam Youtube secara lebih mudah dan cepat.

Versi Cupcake kali pertama ditanamkan di smartphone HTC myTouch 3G. Namun, saat itu, pengguna T-Mobile G1 juga bisa untuk merasakan versi Android yang penggunanya jauh lebih banyak dari HTC myTouch 3G.

-Donut (OS Android 1.6)

Setelah enam bulan setelah peluncuran OS Android versi 1.5 Cupcake, Android kembali memperkenalkan sistem operasi versi terbarunya yaitu OS Android versi 1.6 Donut.

Secara keseluruhan tampilan sistem operasi Google tersebut sama dengan Cupcake, hanya saja terdapat penambahan dan perkembangan pada sistem kamera dan serach engine atau mesin pencarian.

-Selain itu, Androd versi ini dilengkapi pula dengan dukungan bagi jaringan CDMA dan hadirnya Android Market versi pertama, yang sebelumnya belum ada pada OS Android versi 1.5 Cupcake.

-Eclair (OS Android 2.0-2.1)

Perkembangan atau transformasi yang lebih besar lagi dilakukan oleh Android. Bersamaan dengan diluncurkannya perangkat seluler bernama Motorola Droid yang merupakan peningkatan spesifikasi dari perangkat sebelumnya yaitu HTC Dream, Android memperkenalkan sistem operasi terbarunya versi 2.0-2.1 dengan nama Eclair, atau dalam arti Indonesia merupakan jenis roti sus berbalut coklat di atasnya.

OS Android Eclair hadir dengan adanya fitur GPS dan tampilan yang lebih modern dibandingkan versi sebelumnya. Android Eclair ini juga dipilih oleh Motorola Droid seagai sistem operasinya.

Dengan hadirnya Motorola Droid, sistem operasi Eclair mampu menjawab panggilan masuk dengan menggeser ikon hijau pada layar. Hal itu merupakan kelebihan terbaru yang dimiliki Android pada saat itu.

-Froyo (OS Android 2.2-2.2.3)

Tahun 2010, tepatnya pada Mei, Android kembali memperkenalkan versi OS terbarunya yaitu OS Android 2.2 Froyo yang memiliki dukungan Adobe Flash Player yang belum ada pada versi sebelumnya, Eclair. Nama makanan manis Froyo mungkin terkesan tidak familiar di kalangan makanan manis di Indonesia, karena Froyo merupakan sebuah singkatan dari Frozen Yoghurt.

Performa Froyo lebih baik dibandingkan Eclair, ditambah lagi dengan adanya dukungan Secure Digital Card yang semakin mempermudah pengguna dalam melakukan penyimpanan data dalam perangkat seluler pintarnya. Dalam versi ini, Android sudah mampu untuk menjadikan smartphone sebagai perangkat Wifi.

OS Android Froyo adalah versi yang masih digunakan untuk membuka Android Market, walau jumlahnya sangat sedikit. Versi sebelumnya tidak memang sudah bisa membuka Android Market, namun banyak dari penggunanya yang update ke versi terbaru.

-Gingerbread (OS Android 2.3-2.3.7)

Pada bulan Desember tahun 2010, versi terbaru Android, Gingerbread, diperkenalkan ke pasar. Banyak sekali transformasi dan perubahan yang dilakukan, mengingat versi Gingerbread ini memang diperuntukkan untuk memaksimalkan jalannya berbagai aplikasi dan game yang ada pada Google Play Store. Dilengkapi dengan layar WXGA dan konektivitas NFC semakin membuat citra Android semakin bersinar di hati para penggunanya.

-Honeycomb (OS Android 3.0-3.2.6)

OS Android versi terbaru ini hadir pada bulan Februari tahun 2011. Versi ini menawarkan tampilan status bar yang semakin mudah untuk dilakukan kustomisasi oleh penggunanya. OS Android Honeycomb memang diluncurkan khusus mendukung perangkat tablet PC.

-Ice Cream Sandwich (OS Android 4.0-4.0.4)

OS Android Ice Cream Sandwich hadir dengan tampilan yang lebih elegan dan menarik dibandingkan OS versi terdahulu yaitu Honeycomb. Mulai diluncurkan pada bulan Oktober tahun 2011, Ice Cream Sandwich semakin mempertegas konsistensi Android dalam melakukan transformasi dan perkembangan yang konsisten terhadap sistem operasi yang dimilikinya.

Jelly Bean (OS Android 4.1-4.3)

Tak berhenti sampai di situ, Android membuktikan eksistensinya lewat OS Android Jelly Bean yang resmi dirilis bulan Juli tahun 2012. Dalam versi terbarunya ini, terdapat pembaruan peningkatan input keyboard yang kian lengkap dan adanya pencarian Google Now yang mampu memberikan berbagai informasi mengenai cuaca dan traffic.

Kitkat (OS Android 4.4+)

OS Android Kitkat mampu memberikan tampilan status bar transparan serta dapat beroperasi secara optimal pada perangkat berspesifikasi rendah. Dan juga pada saat perilisan OS ini, Android juga merilis Android Wear, yang dapat digunakan pada smartwaches. Selain itu Android juga memperbarui pengguna Interface pada program Google Maps Navigation dan Alarms.

Lollipop (OS Android 5.+)



Fitur-fitur pada OS Android Lollipop merupakan desain ulang dari user interface yang dibangun sekitar bahasa desain responsif yang disebut dengan material design. Perubahan lainnya yaitu perbaikan pada pemberitahuan yang bisa di akses dari lockscreen dan dapat ditampilkan tanpa aplikasi tambahan sebagai top-of-the-screen banner.

Google juga membuat suatu perubahan internal untuk platform, dengan Android Runtime (ART) yang secara resmi menggantikan Dalvik untuk meningkatkan performa aplikasi dan bermaksud untuk meningkatkan dan mengoptimalkan penggunaan baterai yang dikenal oleh mereka sebagai projek Volta.

Selain meningkatkan performa dan stabilitas sistem operasi tersebut, Google juga menambahkan sejumlah fitur baru di Android Lollipop ini. OS Android 5.1 membawa kontrol nirkabel seperti Wifi dan Bluetooth ke menu pengaturan cepat atau quick setting.

Fitur anyar lain adalah device protection yang merupakan fitur keamanan terbaru Google. Apabila sudah diaktifkan, ponsel Android tak akan bisa diaktifkan, sekalipun sudah dilakukan factory reset, sebelum memasukkan password akun Google yang sebelumnya dipakai.

Fitur semacam ini sebelumnya diperkenalkan oleh Apple di IOS 7 dengan nama Activation Lock. Fitur tersebut dikatakan bisa menurunkan tingkat pencurian Iphone di San Francisco sebesar 40%.

Setelah OS Android 5.1, Google dikabarkan menyiapkan Android versi mendatang yang akan mendukung virtual reality. Meski begitu, belum ada informasi lebih lanjut yang dapat digali dari rencana OS baru tersebut hingga saat ini.

Marshmallow (Android 6.0+)

OS Android 6.0 Marshmallow adalah lanjutan pengembangan dari Android Lollipop, OS ini diperkenalkan pada bulan Mei 2015 di Google I / O dengan codename Android M dan resmi dirilis pada bulan Oktober 2015.

OS Android Marshmallow fokus untuk meningkatkan pengalaman dari pengguna Lollipop, dengan memperkenalkan arsitektur app permission yang baru, API baru untuk menyempurnakan asisten kontekstual dalam Google Now On Tap.



Google Now On Tap merupakan sebuah kemampuan baru dari aplikasi Google Search, lalu sebuah sistem (Doze) manajemen daya baru yang bisa mengurangi aktivitas pada background apabila perangkat sedang tidak digunakan, kemudian dukungan asli untuk pengenalan sidik jari dan konektor USB tipe-C. Ditambah juga dengan kemampuan untuk migrasi data ke kartu microSD dan menggunakannya sebagai penyimpanan utama.

-Android N

OS terbaru Android besutan Google kali ini menawarkan kecepatan operasi yang kencang dan tampilan terbaru. Salah satu yang menarik perhatian adalah fitur Split-Screen. Sayangnya, Google juga belum memberikan nama N pada OS terbaru-nya. Walau nama belum diberikan, sepertinya Android N akan tetap memakai nama makanan.

Rumornya, nama makanan N yang akan dipakai Android N nanti adalah Nori. Nori adalah makanan khas Jepang yang merupakan snack rumput laut yang sangat digemari banyak orang. Selain menjadi favorit banyak orang, Nori juga merupakan snack yang sehat dan gurih.

Selebihnya Google belum memberikan informasi lebih lanjut mengenai nama OS Android N. Google masih membuka polling Internet untuk menentukan nama makanan dengan huruf depan N yang paling banyak digemari masyarakat.

Google dengan bangga memperkenalkan fitur terbaru yang ada di Android N, yaitu Split-Screen yang dapat membuat smartphone menjalankan dua aplikasi secara bersamaan. Fitur bawaan OS terbaru Android N terbilang sangat menarik dan benar-benar baru.

Nantinya pengguna bisa menggunakan fitur Split Screen itu dengan menekan tombol multitasking yang berada tepat di samping kanan tombol home. Lalu pengguna harus membuka aplikasi yang akan dijalankan, setelah itu sentuh aplikasi tersebut beberapa detik lalu letakkan di bagian atas layar.

Setelah melakukan langkah itu, pengguna bisa melakukan multitasking dengan membagi layar smartphone menjadi dua. Fitur Split-Screen hanya berlaku untuk aplikasi yang tidak selalu menggunakan layar secara penuh seperti game. (Ardhon Purtama Putra/JIBI/Solopos.com)





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya